Ibu Hamil, Hindari Minum Obat Saat Batuk

ilustrasi obat/produk kesehatan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Moms pasti sudah pernah mendengar anjuran untuk tidak mengonsumsi obat batuk selama hamil. Namun, tahukah Moms apa alasannya? Secara umum, semua yang Muloms konsumsi selama masa kehamilan memengaruhi perkembangan. Bahkan, hal tersebut bisa juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan bayi ketika lahir kelak. Alasan inilah yang membuat para ahli tidak menyarankan ibu hamil mengonsumsi obat apapun, terutama obat batuk.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Memang ada obat batuk yang aman untuk ibu hamil trimester pertama. Namun, obat tersebut hanya diberikan dengan resep dokter. Jangan asal membeli obat di apotek ya, Mums. Ada risiko yang mungkin saja terjadi ketika Mums minum obat batuk sembarangan. Risiko yang paling mungkin terjadi adalah kontraksi. Sebenarnya, kontraksi tidak hanya disebabkan oleh obat-obatan saja. Ini juga bisa disebabkan oleh makanan yang membuat perut menjadi panas, seperti buah nanas dan durian.

Kontraksi ini menjadi sangat berbahaya ketika rahim belum begitu kuat. Misalnya saja usia kehamilan masih sangat muda. Saat itu, kontraksi atau goncangan sedikit saja bisa membahayakan janin, bahkan bukan tidak mungkin akan terjadi keguguran.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Selain itu, para ahli kesehatan juga menemukan fakta bahwa obat bisa memengaruhi perkembangan otak janin. Ini yang sangat perlu diantisipasi. Itulah mengapa sebaiknya mengonsumsi obat batuk saat hamil perlu dihindari. Akan lebih baik jika Mums melakukan pencegahan.

BACA SELENGKAPNYA

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya
Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024