Orangtua, Begini Cara Bantu Anak Introvert Jadi Lebih Berani

David Beckham dan anak-anak
Sumber :
  • 7 Fund

VIVA – Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang juga ada pada anak. Mereka cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, serta mood. Anak introvert akan mencari stimulasi yang berasal dari diri sendiri. 

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Secara umum introvert terlihat lebih senang menyendiri. Kebanyakan anak introvert akan merasa malu untuk memulai bersosialisasi dan tidak memiliki keberanian seperti anak-anak ekstrovert. 

"Orangtua sebagai role model bagi si buah hati. Sebagai orangtua kita harus memberi contoh secara pelan-pelan," Senior Manager Brand Excecutive Dancow, Onny Vitadini Wulandari, mengawali penjelasannya soal bagaimana mengajarkan anak lebih berani, di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan. 

Tom Lembong Akui Introvert Tak Nyaman Diviralkan: Tapi Kata Tim Anies Ini Barang Laku

Dia mencontohkan, salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai orangtua adalah mengajak anak perlahan bersosialisasi dengan temannya. "Misalnya, 'Yuk adik kita kenalan sama kakak A dan B.' Ajari cara berkenalan, ajari bagaimana caranya kita memperkenalkan namanya," katanya menambahkan.
 
Selain itu, Onny juga menjelaskan ada banyak cara untuk mengubah psikologi si buah hati yang tadinya pemalu menjadi lebih berani. Salah satunya dengan mengajaknya anak berani tampil di depan orangtua.

"Kita juga bisa menyuruh anak untuk bernyanyi di depan orangtua. Jadi pelan-pelan ajak anak untuk berani memulai. Maka dari itu ibu perlu memberikan stimulasi, anak tumbuh kembang dan dapat terpengaruh dari hal tersebut. Dan kembali lagi semua itu adalah tugas orang tuanya," ujar Onny mengakhiri penjelasan. (ren)

Image Seksi Melekat Tapi Ngaku Introvert, Sarah Azhari: Bajunya Aja Kali Ya yang Open
Seluarga nekat terjun bebas dari lantai 22 apartemen Teluk Intan Tower Topas, kawasan Penjaringan Jakara Utara

Sekeluarga Tewas Lompat di Apartemen Jakut Introvert, Setahun Gak Komunikasi dengan Keluarga Besar

Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap keluarga besar dari satu keluarga tewas melompat di Apartemen kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024