Ini Kunci Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Asupan nutrisi yang lengkap menjadi kunci penting dalam tumbuh kembang anak yang optimal. Nutrisi tidak hanya berperan dalam membangun kesehatan yang baik tapi juga pertumbuhan fisik yang sempurna.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Bahkan, nutrisi juga yang bisa memengaruhi anak menjadi stunting atau tidak. Menurut Konsultan Nutrisi dan Metabolik FKUI/RSCM Dr. dr. Damayanti R. Syarif, SpA(K), makanan yang baik untuk mencegah stunting adalah makanan yang bisa merangsang pertumbuhan tinggi.

"Sudah diteliti oleh Dr. Golden dengan melakukan pembagian zat gizi. Ternyata dia menemukan bahwa yang terpenting adalah energi yang cukup pada makanan anak," kata Damayanti saat ditemui di sebuah acara di Jakarta belum lama ini.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Menurut dia, energi yang cukup akan membuat protein dengan asam amino esensial terpakai untuk pertumbuhan anak. Jika energi tidak cukup, anak tidak akan tumbuh optimal. Energi ini didapatkan dari karbohidrat dan lemak.

"Karena itu ASI ibu itu utamanya adalah karbohidrat dan lemak. Artinya, protein digunakan untuk tumbuh," ujar Damayanti.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Selain itu, penggunaan garam dan gula pada makanan anak juga penting. Gula juga dibutuhkan anak sebagai sumber energi, hanya saja pemberiannya harus dibatasi.

Gula tambahan atau added sugar pada anak adalah 10 persen dari total kalori. Misalnya, anak dengan berat 10 kg, gula tambahannya 25 gram.

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024