Mendidik Anak Lebih Bertanggung Jawab dengan Perangkat Digital

Seorang anak asyik bermain game di gadget. (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini. Menyambut Hari Anak Nasional 2018 tahun ini, Bincang Shopee sempat membahas topik “Tips Cerdas Mendidik Anak di Era Digital”.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Di acara tersebut, inisiator Semua Murid Semua Guru dan Keluarga Kita,  Najeela Shihab, berbagi tips bagaimana orangtua dapat memastikan anak-anak mereka berinteraksi dengan teknologi dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab.

Meskipun teknologi digital dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang, penting bagi orangtua untuk memantau jenis informasi apa yang dapat diakses, dan seberapa sering anak-anak menggunakan gadget mereka.

Viral Penumpang 'Nebeng' Listrik Buat Catok Rambut hingga Masak Nasi di Kereta, KAI Buka Suara

"Sebagai orangtua, kita perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan dan hambatan kita sebagai orangtua," ungkap Najeela lewat rilis yang diterima VIVA.

Ia pun mengatakan, sebagai orangtua, perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan sehingga dapat bertanggung jawab ketika berinteraksi di dunia digital.

Didikan Keras Sang Ayah, Cristiano Ronaldo Jr Dilarang Punya Ponsel Sendiri

Nah, untuk orangtua, berikut adalah beberapa kiat untuk dapat mengasuh anak di dunia digital dengan baik:

1. Berdayakan Anak

Bukan sekadar melarang atau menyensor materi digital, tapi juga membekali anak dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

2. Memahami Tantangan dan Hambatan sebagai Orangtua

Tantangan terbesar orangtua adalah tidak menjadikan pendampingan anak di dunia digital sebagai prioritas atau menganggap anak akan paham dengan sendirinya. Hindari berlindung dari keadaan bahwa diri kita gaptek, sehingga tidak perlu belajar lebih jauh mengenai dunia digital.

3. Komunikasi Efektif

Pastikan cara berkomunikasi orangtua pada anak mencapai tujuannya yaitu memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan dengan tujuan pengasuhan. Pastikan sikap dan ucapan kita memberikan dampak positif, bukan sebaliknya.

4. Membuat Kesepakatan Bersama

Buat kesepakatan akan penggunaan teknologi yang disepakati bersama anak dan konsisten dalam menjalankannya. Penting bagi orangtua untuk turut melibatkan anak dalam membuat kesepakatan, dengan demikian anak merasa pendapatnya dihargai dan dianggap penting, sehingga dapat menerapkannya dengan tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya