Anak Umur 1,5 Tahun Belum Bisa Jalan dan Bicara, Mungkinkah Kelainan?

Ilustrasi balita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tahap tumbuh kembang masing-masing anak berbeda. Namun, ada batasan usia tertentu yang jika tubuh si kecil belum mampu ‘bekerja’ dengan maksimal, patut diwaspadai adanya kelainan.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Dimulai dari pemantauan berat badan dan panjang badan yang rutin dilakukan sejak bulan pertama si kecil dilahirkan. Selain itu, lingkar kepala juga sangat penting diukur untuk menentukan maksimalnya tahap perkembangan anak.

"Lihat ukuran tiga hal itu yang disesuaikan dengan plot ke grafik berdasarkan kelamin dan usia. Lihat tiap bulannya, ada kenaikan grafik atau tidak. Kalau terus mendatar dan tidak meningkat, artinya ada kegagalan tumbuh kembang," ujar Dokter Spesialis Anak Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Natia Anjarsari, SpA, dalam temu media Sleek, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Miris! Anak 5 Tahun Diduga Dilecehkan Ayah Kandung, Luka Robek Ditemukan di Alat Vital

Tak hanya itu, perkembangan anak juga bisa dipantau melalui kemampuan kognitif, sosial, motorik halus, motorik kasar, dan adaptif. Sehingga saat si kecil belum mampu berjalan dengan baik di usia tertentu, orangtua patut mewaspadai kemampuannya.

"Kalau ada kelainan, bisa dilihat dari saat usianya mencapai 1,5 tahun tapi belum bisa berjalan. Reflek jalannya harusnya sudah baik di usia tersebut," tutur dia.

Pengakuan Balita yang Diduga Dilecehkan Ayah Kandung: Dimasukin Benda Aneh Ada Rambutnya

Bahkan, kemampuan reflek berbahasa pada anak harus dilihat pada usia sebelum dua tahun. Apalagi, maraknya gawai saat ini, membuat kemampuan berbahasa pada anak menjadi lebih lambat pada umumnya.

"Kelainan pada tubuh anak juga bisa dilihat dari kemampuan berbicaranya yang baik hingga usia dua tahun. Karena sekarang, banyak anak yang kebingungan berbahasa akibat pemakaian gawai yang membuat komunikasi aktif terhambat," terangnya.

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024