Cara Memastikan Si Kecil Bahagia di Sekolah

Ilustrasi anak sekolah.
Sumber :
  • Pixabay/Public domain pictures

VIVA – Kebahagiaan masa kanak-kanak telah diakui sebagai faktor penting untuk kebahagiaan seorang individu ketika dewasa. Selain dari faktor orangtua, lingkungan sekolah juga dapat menentukan kebahagiaan anak.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Saat di sekolah, anak akan berinteraksi dengan teman-teman baru. Tantangannya adalah orangtua tidak bisa memantau aktivitas anak selama sekolah sehingga timbul rasa khawatir, apakah anak dapat bergaul dengan baik di lingkungan sekolah.

“Memang benar 30 persen kebahagiaan anak selain dari orangtua, begitu masuk sekolah juga perlu merasakan kebahagiaan dari peer atau teman-teman sekolah,” ujar Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Nah, salah satu cara untuk memastikan anak bahagia di sekolah yaitu menjalin komunikasi dengan wali kelas sebagai mata dan perpanjangan tangan orangtua.

“Pertama kita harus tanya wali kelasnya. Guru yang baik, dia akan menceritakan. Bicarakan agar kasih anak ini, anak butuh lingkungan yang bahagia,” tuturnya.

Ini Sasaran Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Selain komunikasi dengan guru, komunikasi dengan sesama orangtua juga penting lewat pertemuan orangtua dan guru.


“Perlu mengenal ibu-ibu lain. Kalau malas arisan bukan berarti mengisolasi diri. Dari situ kita bisa mendapat data bagaimana anak kita di mata ibu-ibu dan anak-anak lain,” kata Elizabeth.

Neymar juara Piala Super Arab Saudi 2023

Enak Bener! Jarang Main tapi Tiba-tiba Juara di Al Hilal, Neymar: Kayak Zaman Sekolahan

Enak bener jadi Neymar. Meski jarang bermain, pemain asal Brasil ini ikut merasakan gelar Piala Arab Saudi 2023 bersama Al Hilal.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024