Tips Mengatasi Anak Kecanduan Game

Seorang anak asyik bermain game di gadget. (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Anak-anak zaman sekarang sudah tak asing dengan yang namanya gadget. Bahkan, banyak buah hati yang pegangannya gadget setiap hari.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Mereka menggunakannya untuk menonton YouTube atau main game. Bunda, tahukah bahwa perkembangan yang paling cepat dan terkait pada banyak komponen terjadi pada usia anak-anak? Lalu apa jadinya jika anak kecanduan game? Apa efeknya bagi tahap perkembangan?

Perkembangan adalah tahap perubahan yang terjadi pada individu dan dinilai secara fisik, psikis, sosial, dan lainnya. Proses perkembangan ini masih bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, yang membantu pembentukan karakter dan komponen perkembangan lainnya agar menjadi pribadi yang baik.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Inilah yang menjadi landasan teori perkembangan anak. Berdasarkan landasan teori tersebut, dapat diketahui bahwa kecanduan game pada anak dapat berpengaruh negatif terhadap tahap perkembangannya. Bagaimana tidak? Jika saat usia anak-anak saja sudah kurang bersosialisasi, makan tidak teratur, dan tidur larut malam, apa jadinya saat sudah dewasa?

Namun jangan khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi anak yang sudah terlanjur kecanduan main game.

Agar Sukses, Ini 3 Cara Tingkatkan Jiwa Kompetitif pada Anak

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Game

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024