Menyikapi Beda Pendapat dengan Orangtua soal Cara Merawat Anak

Ilustrasi keakraban menantu dan mertua.
Sumber :
  • pixabay/longleanna

VIVA – Perbedaan pendapat dengan orangtua mengenai perawatan bayi menjadi hal umum yang biasa terjadi. Terutama bagi mereka yang baru saja memiliki anak. Sering orangtua menyarankan untuk menerapkan beberapa tradisi yang turun-temurun kepada cucu mereka. Padahal belum tentu hal tersebut benar adanya atau bisa dibilang mitos. 

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Terkait hal tersebut, dr. Reisa Broto Asmoro menyebut sikap tersebut adalah hal yang wajar. Sebab mereka juga ingin memberikan yang terbaik bagi cucu, terutama ketika si bayi adalah cucu pertama orangtua atau mertua Anda. 

Dia menjelaskan yang perlu kita tahu bahwa mertua atau orangtua, bertujuan untuk memberi yang terbaik untuk anak. 

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

"Ketika diberi saran jangan defensif itu yang harus dihindari. Kita harus sadar kalau orangtua memberikan saran, tujuannya memberikan yang terbaik untuk anak," kata dia saat ditemui awak media dalam acara penerbitan buku 101 Perawatan Bayi oleh Mommy 101, di JCC Senayan, baru-baru ini. 

Jika tradisi tersebut ternyata tidak baik atau justru membahayakan anak, Anda sebagai anak atau menantu wajib memberikan informasi yang lengkap dan kredibel terkait hal tersebut.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Memberikan ilmu baru susah tapi harus telaten, salah satu caranya adalah ajak orangtua ketika Anda melakukan konsultasi kesehatan anak," dr. Reisa menambahkan. 

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan adalah memberikan buku parenting yang kekinian. Anda bisa membaca buku tersebut di dekat orangtua atau mertua Anda. Hal tersebut secara tidak langsung bisa membuat orangtua kita penasaran dan ingin membacanya. 

"Cari buku parenting yang memang kredibel. Bisa baca buku misalnya terkait dengan penggunaan gurita dan dampaknya, nanti orangtua kita akan penasaran dan ingin membacanya," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya