Biarkan Anak Bebas Berkreasi, Meski Akibatnya Rumah Berantakan

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/cherylholt

VIVA – Pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan anak masih kurang disadari oleh para orangtua. Padahal di saat inilah, yaitu 270 hari selama kehamilan dan 720 hari pada dua tahun pertama kehidupan anak, nutrisi yang diterima dari sejak di dalam kandungan hingga usia dua tahun, berdampak besar masa masa tumbuh kembang mereka hingga dewasa. 

Hindari Kecanduan Gadget, Mainan Edukatif Ini Asah Kecerdasan Anak

Kurangnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang pentingnya masa 1.000 hari pertama kehidupan, bisa memengaruhi status gizi anak serta faktor tumbuh kembangnya. Seperti perkembangan otak yang tidak optimal hingga kemampuan kognitif dan pendidikan menurun. Selain itu, pertumbuhan fisik tidak optimal, sehingga anak menjadi stunting. 

Asupan gizi yang baik, proses stimulasi yang cukup dan seimbang, disertai oleh pengetahuan mengenai psikologis anak, dan juga kasih sayang dalam keluarga, merupakan hal yang penting diperhatikan untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak di 1.000 hari pertama kehidupan mereka. 

Saran dr Zaidul Akbar, Ingin Anak Cerdas Hindari 3 Makanan Ini

"Dunia bermain merupakan landasan awal dari proses belajar anak. Dengan dilandasi cinta dan kasih sayang, mulailah melakukan stimulasi sedari dini terhadap anak melalui kegiatan menyenangkan seperti bernyanyi, bergerak bebas, atau membaca buku," kata penggiat anak usia dini dari rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni, S.Psi, dalam jumpa pers 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak, di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Agustus 2018. 

Praktisi pendidikan anak usia dini, Talla Aryanto B.A,M.A ECE, yang juga merupakan salah satu founder dari Buumi Playscape mengatakan bahwa orang tua sebaiknya membiarkan anak bebas berkreasi dengan cara mereka.

Permainan Seperti Ini Dukung Tumbuh Kembang Hingga Bikin Anak Cerdas

"Kita biarkan berkreasi entah seberantakan apa. Kita sadar orangtua kadang repot, jadi (anak) belum apa-apa sudah dibilang jangan ini itu. Anak itu bebaskan berkreasi dan bereksperimen," kata Talla. 

Sama halnya dengan yang dilakukan musisi dan ibu satu orang anak, Andien Aisyah. 

"Di usia Kawa yang sekarang, saya berusaha untuk memberikan quality time sembari menstimulasi tumbuh kembangnya. Bermain sambil belajar menjadi momen-momen indah yang kami lalui setiap harinya," kata Andien. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya