Meski Tak Temukan Ruang Laktasi, Ini Trik untuk Tetap Menyusui

Senator Larissa Waters di ruang Parlemen berdebat sambil menyusui bayinya
Sumber :
  • Lukas Coch/via REUTERS

VIVA – Masih banyak perkantoran atau gedung yang belum menyediakan fasilitas ruang menyusui. Padahal, ruang menyusui berperan untuk membantu ibu memproduksi ASI.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Lalu, bagaimana agar dapat dengan mudah menyusui dan memompa ASI meski tak tersedia ruangan tersebut? Salah satu ibu sekaligus penyanyi Andien Aisyah memberikan tips agar tetap bisa menyusui dengan nyaman. Menurutnya, pola pikir positif sangat dibutuhkan ibu dalam momen ini.

"Pilihan saya menyusui secara langsung. Walau belum banyak tempat laktasi, tapi kita harus berpikir mungkin tempat yang dipakai enggak buat kita nyaman, tapi untuk anak yang sedang lapar akan terasa nyaman saja. Apalagi, ASI itu akan membuat segalanya jadi nyaman," ujar Andien dalam acara Prenagen Smart Sharing di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Survei: Ibu Terkendala ASI Malah Keblinger Kasih Kental Manis Hingga Air Tajin

Pelantun Indahnya Dunia itu tak jarang lupa membawa apron. Hal ini tetap ia siasati dengan barang yang ada dan mudah dijangkau.

"Ada jaket yang sering saya bawa, bisa ditutupin pakai itu. Sekarang juga udah ada selendang, bisa pakai itu," jelasnya.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

Sama seperti yang dipaparkan Andien, Psikolog Luh Surini Yulia Savitri, M.Psi., menerangkan peran pola pikir ibu berperan besar untuk memproduksi ASI dan menyusui si kecil. Menurutnya, kenyamanan menyusui meski ruang laktasi masih minim, bisa didapatkan dengan kepuasan saat buah hati mendapatkan nutrisi ASI yang cukup.

"Balik lagi ke mindset, kalau memang itu sudah waktunya makan untuk bayi, tempat di mana saja menjadi nyaman walau menurut kita tidak tepat. Intinya sebelum menyusui, puting dan areola dibersihkan dulu," tutur Vivi, sapaan akrabnya. 

Kiki Amalia dan suami, Agung Nugraha.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Kiki Amalia bersama suami, Agung Nugraha saat ini sedang menikmati momen menjadi orangtua. Diketahui, kurang lebih satu bulan yang lalu keduanya dikaruniai anak pertama.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024