Rekomendasi Tempat Main Seru di Jakarta untuk Anak Sekaligus Orangtua

Buumi Playscafe, taman bermain edukatif anak di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Berawal dari keinginan sederhana seorang ibu dan beberapa orang temannya, tempat bermain edukatif ini hadir. Mereka merasa perlu ada tempat bagi anak-anak untuk tak sekadar bisa bermain, tapi juga mendapat pengalaman lebih, dan merangsang motorik serta sensorik mereka. Buumi Playscafe namanya, sebuah tempat bermain dan belajar yang berdiri sejak April 2018 lalu di salah satu sudut mal Pacific Place, Jakarta. 

Anak Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana

"Kita mendirikan berempat dan keempatnya ibu beranak dua, kita merasa susah mencari satu tempat untuk anak dapat semua. Dari motorik kasar, motorik halus, perkembangan bahasa, seni. Kita ingin ada tempat yang bisa dapat semua itu, baik untuk anak dan orangtua," kata salah satu founder Buumi Playscape, Talla Aryanto B.A,M.A ECE, yang ditemui usai acara 100 Hari Pertama Kehidupan Anak, di Pacific Place, Jakarta Selatan. 

Seperti tempat bermain anak pada umumnya, Buumi Playscafe juga dihiasi dengan warna-warni cerah yang pasti menambah semangat anak-anak. Dengan tiga konsep, Experimental Play, Direct Play, dan Free Play, tempat bermain ini memiliki beberapa kelas berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. 

Anak Masuk Rumah Sakit, Ayu Dewi Sedih dan Minta Bantu Doa

"Free play child inisiated, anak melakukan sendiri bebas dan spontan, mau lakukan apa saja bebas. Misal mau main balok, disusun bebas. Sesuatu yang dilakukan anak atas inisiatif sendiri," ujarnya. 

Sementara untuk Experimental, Talla menjelaskan bahwa di sini anak bisa mencoba dan merangsang saraf sensorik dengan permainan yang tersedia, seperti sudut yang memungkinkan anak mencoba membuat hujan buatan dari bahan aman untuk anak. 

Soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Adopsi Anak, Ramalan Hard Gumay Bikin Tercengang

"Sesuatu yang mereka latih untuk mengambil risiko saat membuat keputusan, dan tidak takut pada kegagalan."

Buumi Playscafe, taman bermain edukatif anak di Jakarta

Untuk directed play adalah konsep di mana anak-anak bisa belajar dari pemandu yang ada atau dari vendor. 

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00, selain bisa bermain dan belajar dari berbagai kelas yang disediakan seperti kelas balet, drama, robotic, juga ada kelas untuk orangtua, seperti kelas pop up atau rutin MPASI, memijat bayi, pilates ibu hamil, dan ke depannya juga ada kelas infant care. 

Untuk bisa mengikuti kelas-kelas tersebut, rentang harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp175 ribu hingga Rp215 ribu. Sementara untuk playground anak usia dua tahun ke atas dikenakan biaya masuk Rp100 ribu, harga untuk empat jam ini sudah termasuk satu orang pendamping. 

Buumi Playscafe, taman bermain edukatif anak di Jakarta

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya