Orangtua Hati-hati, Teror Momo Challenge Incar Remaja

Momo challenge.
Sumber :
  • Instagram/@guardiankidsec

VIVA – Munculnya permainan Momo Challenge yang viral di WhatsApp baru-baru ini meresahkan banyak pihak, terutama orangtua. Momo challenge dinilai berbahaya karena menampilkan tantangan bunuh diri yang menargetkan remaja. 

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Bagi Anda orangtua yang belum familiar dengan Momo Challenge, permainan ini dimulai dengan pengguna menghubungi nomor yang terkait dengan karakter Momo, yaitu boneka seram bertubuh ayam. 

Setelah pengguna/pemain dan Momo terkoneksi, Momo akan mengirimkan sejumlah tantangan yang harus dipatuhi oleh pengguna. Jika tidak, Momo akan mengirim teror. 

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Poin utama yang menjadi masalah dari Momo Challenge terletak pada tantangan yang diberikan, yaitu berupa pesan yang mendorong tindakan yang melukai diri sendiri dan bahkan bunuh diri. 

Pesan-pesan itu bisa begitu menakutkan sehingga remaja belasan tahun, yang tidak tahu apa-apa, mungkin merasa harus merespons. Para ahli mengatakan bahwa anak-anak dan remaja harus diberitahu untuk tidak terlibat dalam percakapan dengan nomor yang tidak diketahui. 

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Mengutip dari Fox News, kejadian bunuh diri pada remaja di Rusia dan AS, dilaporkan terkait dengan Momo Challenge. Peneliti juga mengingatkan adanya kemungkinan bahwa penjahat di balik Momo Challenge dapat mencuri informasi pengguna. 

Orangtua perlu mengingatkan anak agar tidak merespons pesan dari nomor yang tidak dikenal. Nomor yang terhubung dengan Momo Challenge selama ini disinyalir bersumber dari Jepang dengan nomor 813, nomor dari Kolombia yang dimulai dengan 52, dan nomor dari Meksiko yang dimulai dengan 57.

WhatsApp.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Apple dikabarkan telah menghapus beberapa platform komunikasi populer dari App Store di China, atas permintaan pemerintah Tiongkok. Salah satu aplikasinya adalah Whatsapp

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024