Bayi Alami Bingung Puting, Bagaimana Menghadapinya?

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Salah satu kendala yang kerap dihadapi ibu menyusui adalah bayi yang mengalami bingung puting. Bingung puting atau nipple confussion adalah kondisi di mana bayi menolak untuk menyusu ke payudara ibu.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Kondisi ini umumnya terjadi lantaran kebingungan bayi yang sulit membedakan antara dot dan puting ibu. Hal ini kerap terjadi pada ibu menyusui yang merupakan seorang pekerja.

Mengapa demikian? Sebab, umumnya ibu pekerja akan memberikan ASI kepada bayi melalui botol. Kebiasaan ini menjadi pencetus fenomena tersebut.

Survei: Ibu Terkendala ASI Malah Keblinger Kasih Kental Manis Hingga Air Tajin

"Umumnya fenomena ini karena (ASI) diberikan melalui dot, efeknya bingung puting. Tetapi tidak semua anak yang diberikan banyak dot makin merasa enak," kata DR. dr. Naomi Esthernita Dewanto, Sp. A (K) dalam talkshow bertajuk ‘Pentingnya Dukungan ASI untuk Masa Depan Anak Bangsa’ di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin, 6 Agustus 2018.

Dia pun memberikan saran untuk mencegah kejadian seperti itu. Menurut dua, ibu pekerja ketika pulang dari kantor ada baiknya menyusui si bayi langsung dari payudaranya dan tidak disarankan menggunakan alat seperti sendok ASI atau botol susu.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

"Kalau habis pulang langsung nyusuin," tutur Naomi.

Ilustrasi ibu hamil.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Dengan persiapan dan pengetahuan yang tepat, ibu hamil dan ibu menyusui tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan aman

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024