Berapa Lama Bayi Baru Lahir Tahan Tanpa ASI?

Bayi baru lahir (ilustrasi).
Sumber :
  • Reuters / Jorge Dan Lopez

VIVA – Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama dan satu-satunya bagi bayi yang baru lahir. Itulah sebabnya tak sedikit para ibu yang langsung merasa panik saat ASI dari payudaranya belum keluar. Padahal sebenarnya para ibu tak perlu merasa panik.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Perlu diketahui, ukuran lambung bayi di hari pertama lahir hanya sebesar kelereng. Ini pun hanya butuh sekitar 5-7 mililiter ASI yang dipenuhi dengan kolostrum.

"Tapi, jangan panik bagi ibu yang belum keluar ASI di hari pertama. Bayi bisa bertahan tiga hari tanpa ASI karena masih memiliki lemak cokelat," ujar Spesialis Anak, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K), kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Survei: Ibu Terkendala ASI Malah Keblinger Kasih Kental Manis Hingga Air Tajin

Sementara di hari ketiga, ukuran lambung bayi sudah mulai membesar yakni sebesar bola pingpong dan membutuhkan ASI sebanyak 20 mililiter. Setelah satu minggu, lambung bayi membutuhkan lebih banyak ASI, yaitu hingga 60 mililiter.

"Untuk membuat ASI bisa keluar, pertama jangan panik. Lalu biarkan anak menyusu langsung agar produksi ASI tetap banyak," kata dia.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

Selain itu, pastikan ibu rutin mengosongkan payudara selama 2-3 jam sekali. Pastikan bonding cukup agar oksitosinnya keluar untuk bisa produksi ASI.

"Kebutuhan nutrisi juga harus banyak seperti telur, susu, untuk protein hewaninya. Air putih harus banyak karena modal pembuatan ASI. Serta buah sayur dan karbohidrat sebagai pelengkap," ujarnya.

Kiki Amalia dan suami, Agung Nugraha.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Kiki Amalia bersama suami, Agung Nugraha saat ini sedang menikmati momen menjadi orangtua. Diketahui, kurang lebih satu bulan yang lalu keduanya dikaruniai anak pertama.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024