Bahaya Baby Walker untuk Bayi Mengerikan

Baby Walker
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Kebanyakan orang tua sering membelikan bayi baby walker, dengan tujuan untuk melatih si kecil belajar berjalan. Namun tanpa disadari, ternyata penggunaan baby walker untuk bayi justru bisa berbahaya. Selain bisa menghambat cara berjalan bayi, baby walker bahkan diketahui bisa memicu kelainan tungkai kaki.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Pemakaian baby walker memang bermanfaat untuk merangsang si kecil berjalan dengan cepat. Tetapi, baby walker bisa membentuk kaki si kecil berbentuk huruf 'O'.

"Baby walker membuat bayi berjalan dengan cepat. Meski begitu, ini menyebabkan kaki 'O' menetap pada bayi," ujar dokter spesialis bedah ortopedi RS Pondok Indah–Bintaro Jaya, dr. Faisal Miraj, Sp. OT, dalam temu media RSPI di Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

Ini disebabkan karena tungkai kaki bayi yang masih sangat lentur. Saat dibebani dengan rangsangan berjalan dari baby walker yang terlalu dini, bisa membentuk lengkungan tak biasa pada kaki bayi.

"Anak mulai bisa berdiri itu usia 9-10 bulan. Kemudian, 1 tahun bisa berdiri dan berjalan. Banyak orang tua yang memberikan baby walker sebelum usia itu dan mengakibatkan bayi bisa berjalan sebelum waktunya," kata dia.

Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

Dikatakan Faisal, berjalan sebelum waktunya bisa membuat bayi menanggung beban tubuhnya. Ini yang berbahaya untuk tungkai kaki bayi yang belum siap menanggung beban tersebut.

"Early walking bisa berbahaya untuk bayi. Maka, disarankan untuk membiarkan bayi berkembang sesuai usianya dan tanpa baby walker."

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024