Cara Indy Barends Ajak Buah Hati Peduli Krisis Air di Pedalaman NTT

Indy Barends dan anak
Sumber :
  • Instagram/IndyBarends

VIVA – Presenter Indy Barends baru saja ditunjuk menjadi wakil (ambassador) sebuah kampanye sosial untuk membantu anak-anak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Indy diminta untuk membuat tantangan di mana ia harus mengumpulkan donasi yang akan digunakan untuk membangun saluran air bersih di dua desa di Sikka.

GP Mania Sebut Ganjar Pranowo Sosok Tepat Lanjutkan 10 Tahun Jokowi

Melihat begitu sulitnya anak-anak di Sikka mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, membuat Indy merasa miris sehingga harus melakukan sesuatu. Ia merasa ada perbedaan yang sangat besar, antara anak-anak yang ada di kota, yang bisa bebas menggunakan air untuk mandi dan cuci tangan.

Karena itu, Indy juga ikut membangun kepedulian yang sama kepada dua buah hatinya, Raphael Benaya Sarmanella dan Manuel Tobias Sarmanella. "Saya juga ingin menyentuh hati anak-anak, jadi enggak sekadar orang dewasa saja yang disentuh hatinya, tapi juga mata hati anak-anak. Mereka harus tahu seberapa air yang boleh dibuang, berapa lama cuci tangan," kata Indy saat ditemui VIVA di Jakarta belum lama ini.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Hal ini juga menjadi cara Indy untuk menanamkan kepedulian kepada anak-anaknya. Indy bahkan sempat memperlihatkan sebuah video mengenai bagaimana anak-anak di Sikka berjuang mendapatkan air bersih.

Krisis air bersih di Sikka, Nusa Tenggara Timur

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Manuel sudah lihat videonya dan dia sampai bertanya kenapa harus ambil air buat mandi, makan, kenapa tidak ke kamar mandi?" ujar Indy.

Saking tersentuhnya dengan video yang dilihat, Manuel bahkan sampai tidak mau mandi karena berpikir tidak ingin membuang-buang air. Melihat ini Indy merasa bahwa buah hatinya sudah bisa berpikir pentingnya air.

"Buat saya ini adalah PR untuk membuat anak-anak saya tahu, bersyukur dengan keadaan sekarang, jangan inginnya yang lebih-lebih terus," ujar Indy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya