Sembuhkan Trauma, Polri Bacakan Dongeng Anak Korban Gempa

Penanganan trauma untuk anak-anak korban gempa di Lombok
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Mabes Polri mengerahkan tim khusus untuk memberikan pelayanan konseling dan pendampingan psikologi atau trauma healing kepada para korban gempa di Nusa Tenggara Barat. Tim ini terdiri dari beberapa psikolog SSDM Polri dan Himpunan Psikologi (HIMPSI).

Kisah Korban Kekerasan Seksual Usia Dini: 'Trauma Dibawa Sampai Mati'

Tim akan berada di Lombok untuk beberapa waktu, dengan tujuan khusus memulihkan trauma anak-anak melalui metode mendongeng, bermain, dan bernyanyi. "Kegiatan tersebut dilakukan dalam usaha untuk mengembalikan keceriaan anak-anak korban gempa, yang mana mereka telah mengalami dan melihat rumah, sekolah, dan lingkungan tempat bermainnya rusak karena gempa, dan ini membuat mereka mengalami pengalaman traumatik," kata Kabag Psipol Biro Psikologi SSDM Polri, Komisaris Besar Polisi, Hartono, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Dengan media dongeng dan bernyanyi, tim juga menyisipkan pesan-pesan dalam menghadapi gempa dengan cara yang mudah dipahami anak-anak. Media bermain digunakan untuk mengajak anak-anak bergerak, bersemangat, dan semoga dapat membantu memulihkan kondisi psikologis anak-anak korban gempa.

Ekstasi Bisa Bantu Obati Orang Stres Akibat Trauma

"Tim Psikologi SSDM Polri dan HIMPSI menggunakan media dongeng atau cerita anak-anak untuk membantu menghilangkan rasa traumatik yang dialami anak-anak. Berbagai cerita diperdengarkan, dan mereka juga diajak untuk bernyanyi dengan lirik yang diubah agar terdengar lebih menarik. Metode tersebut sangat berpengaruh untuk memulihkan kembali kondisi psikologis anak-anak korban gempa," jelas Hartono.

Tim Psikologi SSDM Polri menilai, apa yang telah mereka lakukan bersama Bagian Psikologi Polda NTB merupakan salah satu cara untuk dapat membantu secara psikologis, selain memberikan bantuan berbentuk kebutuhan makanan pokok.

Trauma, Alasan DJ Butterfly Belum Mau Menikah Lagi

Sejak bencana gempa terjadi di Lombok, Biro Psikologi Polri telah mengirimkan personelnya bersama-sama dengan Bagian Psikologi Polda NTB, memberikan bantuan psikologis kepada masyarakat Lombok. Hal tersebut diupayakan untuk dapat mengatasi pengalaman traumatiknya.

Beberapa pos pengungsian yang sudah dilakukan kegiatan pelayanan psikologis trauma healing antara lain, Kec. Tanjung, Kec. Pemenang, Kec. Gangga, Kec. Bayan, Kec. Kayangan, dan Lapangan Gajah Mada Polda NTB. (ase)

Ilustrasi stres

Kesehatan Mental: Langkah-langkah untuk Sembuh dari Trauma

Banyak di antara kita yang menyerah pada tekanan trauma dan akhirnya mengalami gangguan stres pasca trauma.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2022