Persalinan Normal atau Operasi Caesar?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Belum lama ini, ramai dibicarakan berita kelahiran cucu dari orang nomor satu di Indonesia. Namun terlepas dari semua berita bahagia itu, salah satu topik yang juga disebut-sebut adalah proses persalinan Kahiyang Ayu, putri dari Presiden Joko Widodo, yang melahirkan secara section caesaria atau yang sering disebut operasi Caesar.

Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

Operasi Caesar dilakukan sebagai alternatif dari persalinan secara normal. Kelompok ibu hamil yang sebaiknya menempuh persalinan Caesar ialah memiliki mata minus tinggi, keadaan janin yang kurang baik, serta pembukaan dalam persalinan yang tidak maju.

Jadi, biasanya memang ada hal yang mendorong untuk dilakukan operasi tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, banyak juga yang menjadikan operasi ini sebagai permintaan sendiri.

Sambut Kelahiran Anak Pertama, Yakup Hasibuan: Semua, Mama, Kakak-kakak Nangis

Beberapa ibu merasa dihakimi jika tidak melahirkan secara normal. Jadi, biasanya mereka akan sedikit berberat hati jika disarankan untuk operasi Caesar. Nah, ini juga dipengaruhi oleh tekanan dari keluarga dan lingkungan sekitar yang bertanya mengapa memilih jenis persalinan tertentu.

BACA SELENGKAPNYA

Selamat! Jessica Mila dan Yakup Hasibuan Dikaruniai Anak Pertama
Alyssa Soebandono

Alyssa Soebandono Unggah Foto Anak Ketiga yang Baru Lahir dan Ungkap Namanya

Melalui caption dalam unggahannya itu, Alyssa Soebandono mengungkap nama anak ketiganya itu yakni Aisyah Aulia Putri Harlino dengan nama panggilan Lia.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024