5 Tips Ampuh Lindungi Anak dari Penyakit di Musim Hujan

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Pixabay/ qimono

VIVA – Saat musim hujan tiba, banyak orangtua khawatir si kecil menjadi mudah terserang penyakit. Seperti diketahui, kondisi anak yang belum sempurna membuat mereka mudah terpapar penyakit. 

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Musim hujan sendiri kerap dikaitkan dengan beberapa penyakit yang terbawa oleh air, beberapa di antaranya influenza, leptospirosis, dan demam berdarah. Tapi sebagai orang tua tidak perlu khawatir, ada beberapa tips untuk menjaga anak tetap sehat saat musim hujan. Berikut beberapa rangkumannya seperti dilansir dari GMA Network. 

Sudahkah divaksin?

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Cara terbaik untuk menangkal influenza salah satunya ialah dengan memberikan vaksin pada anak. Menurut Presiden Yayasan Vaksinasi Filipina Dr. Cecilia Montalban  di negara-negara tropis,  flu bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun. Tetapi musim puncak flu tentu saja selama musim hujan, yaitu dari bulan Juni hingga November. 

Dia menjelaskan, vaksin tidak hanya akan memberikan perlindungan kepada keluarga dari virus flu, tetapi juga akan membantu menghemat uang dari perawatan.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Pastikan anak tetap dalam keadaan kering

Virus dan bakteri berkembang dalam cuaca basah, jadi penting untuk menjaga anak-anak Anda tetap kering selama musim hujan. Jagalah agar anak-anak Anda tetap kering dengan melengkapi mereka dengan perlengkapan hujan sepertijas hujan, sepatu hujan, dan payung di tas mereka saat keluar.

Jagalah kebersihan lingkungan

Nyamuk demam berdarah aktif di malam hari, karenanya penting untuk.menjaga kebersihan agar tidak menjadi sarang nyamuk.  Saat membersihkan, pastikan untuk mengosongkan atau menutup wadah air karena air yang tergenang dapat mengundang nyamuk pembawa demam berdarah. 

Ajari mereka mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan yang tepat bisa sangat membantu. Menurut Wakil Presiden, Phillipine Pediatric Society,  Dr. Sally Gatchalian mencuci tangan adalah perlindungan dasar terhadap flu, penyakit musim hujan yang umum. Luangkan waktu untuk mengajari anak cara mencuci tangan dengan benar denga busa hingga setidaknya 20 detik. Lakukan dengan nyanyian agar suasana lebih menyenangkan

Sajikan makanan sehat untuk anak-anak 

Sistem kekebalan yang kuat dapat melawan penyakit. Tingkatkan kekebalan anak-anak  dengan memberi mereka makanan yang tepat. Sayuran dan buah-buahan dikemas dengan vitamin dan mineral yang dapat melindungi anak-anak dari penyakit. 

Kuncinya adalah menyajikannya secara kreatif sehingga mereka akan menikmati setiap gigitan dari makanan sehat. Untuk makanan lengkap, pasangkan makanan mereka dengan minuman bergizi seperti susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya