Tips Mudah Membiasakan Anak Gemar Membaca

Anak membaca buku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kemampuan membaca pada anak bisa memberikan manfaat yang baik, di masa kecilnya maupun saat ia beranjak dewasa. Namun, banyak orangtua yang merasa kesulitan membuat anaknya untuk gemar membaca.

Membacakan Buku Sejak Dini, Efektif Picu Minat Baca Anak

Padahal, salah satu cara paling mudah membuat anak gemar membaca yaitu dengan memberikan contoh di depannya. Ini bisa dimulai dari cara orangtua berperilaku di dalam rumah.

"Penting orangtua membaca buku di depan anak. Kalau orangtua kebanyakan main gadget, anak juga pasti mengikuti hal itu," ujar Staf Ahli Menteri Pendidikan & Kebudayaan bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dr. James Modouw, M.Mt, ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Taman Bacaan, Sarana Anak Meningkatkan Literasi dan Potensi Diri

Hal yang sama dikatakan oleh founder Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil, di kesempatan yang sama, bahwa cara mengajak anak gemar membaca bisa dimulai dari lingkungan rumah. Saat orangtua menunjukkan kesukaannya terhadap buku bacaan, anak akan mengikuti sikap positif itu.

"Bentuk budaya membaca hadir di rumah. Orangtua yang suka membaca, membuat anak juga jadi penasaran dan bertanya-tanya 'kenapa ibu suka baca buku?' dan itu yang bisa membuat anak tertarik," kata Nila.

Membaca Dapat Kembangkan Logika Dasar Anak

Kebiasaan membaca buku yang ada di rumah, membuat anak akan ketergantungan dengan buku bacaan hingga ia dewasa. Sikap positif tersebut bahkan bisa dimulai sebelum anak bisa membaca dengan lancar.

"Ibu atau ayah bisa setiap malam, sebelum anak tidur, dibacakan buku cerita apa pun sejak anak kecil dan belum bisa membaca. Biasanya ini membuat anak jadi ingin cepat-cepat bisa baca."

Menemani Anak Membaca

Cegah Hoax Merajalela, Tanamkan Minat Membaca Pada Anak

Literasi rendah mengakibatkan hoax.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2020