Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Hemat Energi

Pertamina lnternasional EP adakan program mengajar gratis.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Bukan hanya orang dewasa saja yang harus paham mengenai penghematan energi, melainkan juga anak-anak. Ya, penghematan energi juga seharusnya sudah diajarkan pada anak sejak dini.

LG Electronics Ingin Produknya Tak Sekadar Jargon Hemat Energi

Ini karena penghematan atau konservasi energi dengan cara tidak menggunakan listrik untuk suatu hal yang tidak berguna punya banyak manfaat bagi kehidupan. Salah satu manfaat yang paling penting adalah mencegah atau mengurangi perubahan iklim yang saat ini semakin parah dengan adanya global warming atau pemanasan global.

Berangkat dari hal tersebut, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Internasional EP (PIEP) mengadakan program mengajar gratis pada anak-anak di Sekolah Dasar Negeri 01 Babadan, Desa Babadan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada hari Jumat, 21 September 2018.

Hadapi Cuaca Ekstrem dengan 'Quartz Technology'

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberikan kepedulian dalam hal pendidikan kepada masyarakat, khususnya mereka yang berada di daerah-daerah.

Dalam kegiatan ini, PT PIEP melibatkan 24 relawan pendidik yang merupakan karyawan mereka untuk berbagi pengetahuan serta menebar inspirasi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan memperluas wawasan anak-anak khususnya di SDN tersebut, tentang pengenalan profesi dalam PT PIEP, serta aktivitas-aktivitas yang dibaktikan oleh Pertamina untuk Negeri.

Cara Ganjar Dukung Riset Mahasiswa soal Pengembangan Kendaraan Hemat Energi

Menurut Kepala Sekolah SDN 01 Babadan, Sucipto, kegiatan ini dapat membangkitkan semangat sekaligus memberi inspirasi bagi anak-anak didiknya.

“Hal ini akan memberikan inspirasi dan menambah keinginan-keinginan di masa depan bagi anak-anak di sini,” ucap Sucipto saat ditemui VIVA di SDN 01 Babadan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 21 September 2018.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, selain memberikan pendidikan soal pengetahuan umum, PT PIEP juga memberikan pendidikan tentang energi dan penghematan energi kepada anak-anak. Direktur Finance and Commercial PT PIEP, Aris Mulya Azof mengatakan kepada seluruh murid-murid untuk selalu menghemat energi karena proses memperolehnya sendiri sangatlah sulit.

“Kita harus berhemat energi karena energi itu susah diambilnya, karena harus mengambilnya dari dalam bumi. Jadi kita harus bekerja memproduksi minyak yang nantinya dipakai untuk bensin dan listrik yang biasa adik-adik pakai di rumah,” ucapnya di hadapan para murid dan guru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya