Masalah Ringan pada Anak yang Bisa Jadi Gejala Kanker

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/smengelsrud

VIVA – Mengenali gejala kanker pada anak tidaklah mudah. Namun, ada baiknya untuk selalu waspada bila si Kecil mengalami sejumlah tanda berikut ini. Karena semakin dini deteksi dilakukan, semakin sedikit risiko komplikasi yang dialami si Kecil. Apa saja tanda-tanda yang dimaksud? Inilah tanda-tanda kanker yang kerap luput dari perhatian orang tua! (TA/AS)

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

 Mimisan berlebihan

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih mudah mengalami mimisan. Ini dikarenakan tipisnya pembuluh darah di bagian depan hidung mereka. Seiring usia, pembuluh darah akan menebal sampai si Kecil mencapai usia pubertas.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Namun, Mums boleh khawatir jika si Kecil terlalu sering mengalami mimisan, misalnya 4-5 kali dalam sebulan. Bisa jadi ini adalah tanda awal dari kanker kronis. Menurut National University Hospital di Singapura, mimisan yang sering terjadi secara terus-menerus adalah gejala Leukemia Limfoblastik Akut (ALL), yaitu jenis kanker yang paling umum dialami oleh anak-anak.

Luka yang tak kunjung sembuh

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Luka ringan kerap menjadi suvenir bagi si Kecil selepas bermain bersama teman-temannya. Akan tetapi, curigalah kalau si Kecil mengalami luka yang tak kunjung sembuh, terutama di area penis, vagina, atau rongga mulut. Ini harus segera ditangani dan tidak boleh diabaikan.

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi kanker

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Peningkatan kanker di usia muda ini disebabkan adanya berbagai faktor. Mulai dari perubahan gaya hidup seperti, kurang berolahraga, pola makan tidak sehat hingga lainnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024