Membatasi Penggunaan Gadget, Bikin Anak Lebih Pintar

Anak bermain HP atau gadget.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, makin banyak anak di usia dini yang mengakses ponsel pintar. Bahkan beberapa orangtua kerap memberikan gadget tersebut tanpa dikontrol dengan ketat.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Padahal, banyak penelitian menyebutkan tentang dampak buruk dari penggunaan gadget berlebih pada anak. Sebuah penelitian terbaru juga mengungkapkan, bahwa membatasi waktu yang dihabiskan anak-anak bermain ponsel pintar di bawah dua jam sehari mampu meningkatkan kekuatan otak mereka.

Ya, peneliti menemukan kaitan antara mengurangi penggunaan gadget untuk hiburan dan keterampilan berpikir yang lebih baik. Mereka mengatakan beristirahat dari bermain gadget dan beraktivitas di luar ruangan membantu meningkat fungsi otak. Hal tersebut juga mampu meningkatkan kesehatan fisik anak-anak.

Viral Penumpang 'Nebeng' Listrik Buat Catok Rambut hingga Masak Nasi di Kereta, KAI Buka Suara

Demikian dilansir dari laman The Sun, Kamis, 27 September 2018.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa hanya satu dari 20 anak dalam penelitian ini yang memenuhi panduan, yakni tidur sembilan hingga 11 jam, melakukan satu jam aktivitas fisik dan dan membatasi penggunaan gadget .

Didikan Keras Sang Ayah, Cristiano Ronaldo Jr Dilarang Punya Ponsel Sendiri

Tim peneliti juga mengklaim, membatasi waktu anak bermain gadget adalah kunci untuk perkembangan mental.

Penelitian yang dilakukan Kanada terhadap 4.520 anak berusia delapan hingga 11 tahun tersebut juga menemukan bahwa anak-anak AS menghabiskan rata-rata 3,6 jam sehari menggunakan gadget untuk hiburan.

THR Blibli

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli turut serta dalam menyemarakkan bulan Ramadan dengan adanya program Tiap Hari Rayain (THR) Ramadan Bersama Blibli.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024