5 Hal Penting untuk Milenial yang Baru Jadi Ayah

Ayah dan bayi
Sumber :
  • Pixabay/ miapowterr

VIVA – Menjadi orangtua dan memiliki seorang anak, tentu menjadi dambaan bagi banyak pasangan. Meski demikian menjadi orang tua baru, terlebih bagi perempuan, tentu bukan hal yang mudah. Apalagi banyak yang masih percaya bahwa merawat anak adalah tugas perempuan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Padahal semestinya, hal tersebut juga tanggung jawab laki-laki sebagai seorang ayah. Sayangnya, tidak banyak pula laki-laki yang tahu apa yang harus mereka lakukan ketika menjadi orangtua baru. Berikut ini hal yang harus dilakukan oleh laki-laki ketika menjadi ayah baru.

Dukung pasangan Anda

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Sesaat setelah melahirkan, laki-laki tentu juga diliputi dengan emosi. Tetapi pasangan kerap membutuhkan Anda untuk menjadi kuat, masuk akal, dan tentu saja sabar. Dalam beberapa minggu pertama setelah melahirkan, istri mungkin merasakan sakit dan ketidaknyamanan, jadi bantu masa pemulihannya, dampingi dan dukung ia.

Gunakan kata yang menyejukkan

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Berkat stres, kurang tidur, dan perubahan hormon, tiga bulan pertama bisa mendorong ibu baru mengalami depresi atau lebih dikenal Postpartum Depression. Untuk membantu pasangan merasa tenang, gunakanlah kata yang menyejukkan dan gestur yang cekatan saat istri merasa down. Setelah cukup tenang, ajak dia berbicara.  

Jangan mengeluh

Menjadi orangtua baru tentu melelahkan, baik bagi perempuan dan laki-laki. Tapi itu bukan berarti membandingkan siapa yang paling lelah dan terus mengeluh. Semua akan menjadi tambah melelahkan ketika keduanya mengeluh dan membuat keduanya kurang istirahat. Sebaliknya, dorong pasangan untuk tidur siang dengan cukup dan terus beri dukungan.

Bantu Istri saat menyusui

Jika dia menyusui, banyak pria mungkin merasa tidak berdaya karena tidak bisa terlibat. Tapi bantu istri dengan mengganti popok bayi , beri dia sebotol susu yang dipompa, atau buat anak untuk tidur. Dengan berpartisipasi dalam menyusui, pasangan akan merasakan dukungan dan mendapatkan waktu berkualitas dengan bayi baru Anda.

Terlibat

Ketika pulang kerja, bersiaplah untuk menjadi bantuan bagi istri. Tentu Anda telah  melalui hari yang sibuk, tetapi begitu tiba di rumah, pasangan  membutuhkan Anda untuk mengambil alih sehingga ia akhirnya dapat mengambil beberapa menit untuk mandi, memanggil sahabatnya, atau sekadar bersantai. Dan jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, tanyakan saja. Tugas sederhana seperti melipat cucian atau menurunkan pencuci piring mampu membantunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya