Trik Mudah Memilih Pensil Sesuai Kebutuhan Anak

Ilustrasi anak menulis
Sumber :
  • pixabay/picjumbo

VIVA – Pemakaian pensil 2B identik dengan momen saat anak sekolah yang akan ujian, baik itu ujian akhir nasional mau pun yang akan ke perguruan tinggi. Namun, peredaran pensil 2B ini masih sangat rentan dengan pensil palsu sehingga membuat anak gagal dalam ujian.

7 Cara Mengajari Anak Menulis, Utamakan Suasana yang Menyenangkan

Pemilihan pensil 2B sendiri sebenarnya terbilang mudah. Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu merek pensil 2B yang memang sudah terpercaya.

"Setelah itu, pastikan di packaging-nya ada hologram asli dengan tulisan genuine product," ujar Manager QA A.W Faber-Castell Indonesia, Sapto Putranto, ditemui di Pabrik Faber-Castell, Bantar Gebang, Bekasi, Senin 15 Oktober 2018.

Apa Fungsi Cermin Kecil yang Ada di Rautan Pensil Zaman Dulu?

Dijelaskan Sapto, pensil 2B asli memiliki tingkat warna pensil yang cukup gelap berwarna hitam gelap. Ini yang perlu dipahami oleh anak, bahwa pensil 2B yang asli dapat terdeteksi oleh sistem komputer karena warnanya yang gelap tersebut.

Adapun tingkatan warna gelap pada pensil yang mencapai hingga 8B. Di mana pensil 8B memang memiliki tingkat warna gelap yang sangat hitam.

Yuk Intip Pembuatan Pensil Legendaris 2B

"8B ini jenis pensil dengan warna yang paling hitam. Sementara 2B memang tingkat gelapnya ada di tengah-tengah," kata dia.

Sementara itu, jika anak hanya membutuhkan jenis pensil yang tidak terlalu gelap, bisa memilih jenis 6H. Jenis pensil ini tidak begitu gelap namun kekuatan dari pensilnya sendiri sangat kokoh.

"Kalau yang memilih untuk jenis pensil yang kuat saja, bisa memilih dari jenis 6H. Arti H itu sendiri adalah Hardness sementara pada pensil dengan belakang B, arti dari huruf B adalah Blackness," jelas dia.(ZO)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya