4 Dampak Memaksa Anak Dapat Nilai Bagus di Sekolah

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Orangtua mana yang tidak bangga saat anak mendapatkan nilai bagus? Hampir setiap orangtua tentu senang saat melihat prestasi yang dibuat oleh anaknya. Namun, tidak semua anak memiliki kemampuan belajar yang sama lho, Mums dan Dads.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Mums dan Dads tidak perlu kecewa dan memaksa anak belajar terus-menerus agar nilainya bagus. Kalau terlalu memaksa anak mendapatkan nilai bagus di sekolah, justru akan berdampak negatif. Apa sajakah dampak buruk bagi anak?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arizone State University pada November 2016, seperti dikutip dari VeryWellFamily, mengkaji sikap orangtua pada kinerja akademik dari 506 siswa kelas 6.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan tekanan untuk belajar lebih keras berdampak negatif pada kesejahteraan anak dan kesuksesan anak di masa depan, lho.

Berikut ini adalah dampak negatif yang mungkin dialami anak-anak saat orangtua terlalu memberi tekanan untuk berprestasi. (je)

4 Tips Memilih Bimbingan Belajar untuk Anak

BACA SELENGKAPNYA

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024