Masih Kecil, 5 Anak Seleb Ini Harus Berjuang Lawan Sakit Langka

Joanna Alexandra
Sumber :
  • Instagram Joanna Alexandra

VIVA – Dalam beberapa kasus, penyakit bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Tidak peduli tua, muda, atau bahkan masih anak sekalipun. Beberapa penyakit bahkan juga dialami mereka yang baru dilahirkan.

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Bahkan beberapa anak dari pesohor Indonesia, seperti di antaranya Asri Welas dan Chyntia Lamusu, belum lama ini bercerita, anak mereka menderita sakit langka sejak usianya masih sangat kecil.Anak-anak tersebut pun terpaksa harus menjalani sejumlah perawatan di usianya yang masih sangat dini.

Lalu siapa sajakah anak artis Indonesia yang mesti berjuang dengan penyakit yang dideritanya?

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Asri Welas

Pada September 2017 lalu, putra kedua pesinetron sekaligus komedian Asri Welas Rayyan Gibran Ridah Rahardja atau Ibran, dikabarkan masuk rumah sakit dan harus menjalani operasi katarak. Saat itu usianya baru lima bulan. Hal tersebut membuat metabolisme tubuhnya menurun.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Ibran, Putra Asri Welas saat periksa mata

Belakangan baru diketahui bahwa Ibran menderita Rubella. Rubella sendiri lebih sering dikenal dengan campak Jerman. Penyakit yang banyak menyerang anak dan remaja ini disebabkan oleh virus rubella dan dapat menyebar dengan sangat mudah. Penularan utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin.

Cynthia Lamusu

Masih hangat dalam pembicaraan, anak dari pasangan selebriti Surya Saputra dan Cynthia Lamusu terpaksa harus memakai kacamata di usianya yang masih sangat dini, sekitar usia 1 tahun. Dalam akun Instagramnya, Cynthia menulis bahwa si kecil Bima, mengalami ROP atau retinopati prematuritas.

Kondisi ini terutama terjadi pada bayi prematur dengan berat sekitar 1,2 kg, yang lahir sebelum minggu ke-31 kehamilan. Semakin kecil bayi ketika lahir, semakin besar kemungkinannya untuk terkena ROP. Gangguan ini juga berpotensi kebutaan.

Joanna Alexandra

Awal tahun 2018 lalu, artis Joanna Alexandra mesti berjuang demi kesembuhan anak bungsunya, Ziona Eden Alexandra Panggabean. Anak keempat Joanna ini didiagnosis mengidap penyakit genetik langka capomelitis laksia. Zio panggilan putri Joanna lahir secara prematur dengan usia kandungan 36 minggu 3 hari.

Marchella Zalianty

Hati ibu mana yang tak sedih ketika mendengar sang buah hati mengalami tumor di usia dini. Hal ini yang dialami oleh Marcella Zalianty ketika putra keduanya, Magali harus melalui perawatan medis karena menderita tumor otak di usia. Magali pertama kali didiagnosis tumor otak saat berusia satu tahun.

Tumor anak ini juga dikenal dengan Medulloblastoma. Penyakit ini umumnya sulit dideteksi pada anak, sehingga terkadang menyebabkan diagnosis yang terlambat. Anak-anak yang terserang penyakit medulloblastoma umumnya mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala muntah tanpa mual terutama pada pagi hari, dan keanehan dalam bergerak.

Denada

Kesedihan terpancar jelas di wajah Denada saat menceritakan kondisi putrinya, Shakira Aurum yang didiagnosis menderita Leukimia. Ia juga tak kuasa meneteskan air mata saat melihat perawatan yang dijalani putrinya, yang baru berusia 5,5 tahun.

Awalnya Denada menemukan tanda-tanda lebam tak biasa di tubuh putrinya. Dari situ, Denada curiga anaknya menderita sakit tak biasa. Ia pun membawa putrinya ke rumah sakit. Walau tak diharuskan dirawat, Denada tetap meminta anaknya itu menjalani perawatan di rumah sakit dan diperiksa secara menyeluruh. Dari situ, ia bertemu dengan ahli darah anak.
Denada dan Shakira

"Dia mengonfirmasi ketakutan aku. 'Ternyata ketakutan ibu selama ini memang ada'," ujar Denada menirukan pernyataan dokter yang merawat putrinya.

Kemudian Shakira dirujuk ke rumah sakit di Singapura. Dan tim dokter di sana juga menyatakan anaknya menderita Leukimia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya