Pijat Cinta Ayah untuk Ibu Bisa Lancarkan ASI, Begini Caranya!

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dukungan suami merupakan hal paling utama yang dibutuhkan ibu menyusui pasca melahirkan. Dengan dukungan yang tepat, suami bisa membuat istri semakin bahagia dan memicu stimulasi ASI untuk nutrisi penting sang buah hati.

Sahabat Stevie Agnecya Bongkar Fakta Baru, Selalu Kambuh Usai Subuh dan Zuhur

ASI dipicu oleh banyak hal. Salah satunya hormonal dalam tubuh ibu bernama prolaktin atau oksitosin yang bisa ditingkatkan melalui dukungan suami. Bentuk dukungan suami pun bisa berbagai bentuk seperti bergantian memakai popok pada si kecil hingga memberikan ASI yang sudah dipompa saat ibu masih terlelap di malam hari.

"Bisa gantian begadang, jangan hanya ibu yang bangun tengah malam. Saat ibu senang, oksitosin meningkat, ASI melimpah buat anak," ujar Konselor Laktasi, dr. Ameetha Drupadi, CIMI, dalam peluncuran Lactaboost, di Menteng, Jakarta, Rabu 24 Oktober 2018.

Jelang Ramadhan, DKI Akan Tutup Tempat Hiburan Malam Serta Spa

Meeta menambahkan bahwa bentuk dukungan lain dari ayah bisa berupa pijatan kasih sayang untuk istri. Pijatan tersebut bisa diberikan di sekitar punggung dalam waktu 15 menit.

"Pijatan ayah bisa merangsang oksitosin juga, karena memijatnya dengan cinta. Paling bagus memijat bagian punggung ibu karena memiliki titik hormon oksitosin paling banyak. Pijatan ringan 15 menit saja sudah bikin relaks," kata dia.

Biadab! Sopir Angkot Perkosa Gadis Keterbelakangan Mental di Kendari

Dijelaskan Meeta, saat dipijat, paling baik posisi ibu dengan duduk dan setengah membungkuk serta tidak mengenakan pakaian. Sehingga, saat ASI menetes, bisa langsung ditaruh di wadah yang ada.

"Pakai oil agar lebih mudah. Pijat punggung dari atas hingga batas tali bra. Tekan pakai ibu jari sambil diputar searah jarum jam ke batas punggung tengah. Lalu kembali lagi ke punggung atas hingga ibu merasa relaks," jelasnya.

Ilustrasi pusing dan mual saat naik mobil.

Gak Perlu Obat, Tekan Sejumlah Titik Ini agar Tak Mabuk saat Mudik

Mabuk perjalanan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat melakukan perjalanan jauh termasuk saat musim mudik Lebaran seperti saat ini.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024