Diabetes Picu Kualitas ASI Buruk? Ini Faktanya

Bayi menyusui.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA – Kondisi diabetes pada seseorang tentu memberi perubahan pada tubuh. Tak sedikit pula yang kemudian berpikir bahwa diabetes turut berpengaruh pada kualitas air susu ibu (ASI).

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

ASI memang berasal dari dalam darah ibu yang kemudian diproduksi oleh saluran di payudara. Lantas, jika seorang ibu menyusui mengalami kondisi diabetes, akankah berpengaruh pada kualitas ASI yang dimiliki?

Dijelaskan oleh Spesialis Penyakit Dalam dr. Wismandari Sp.PD-KEMD, ASI dan diabetes tidak memiliki kaitan yang bermakna. Sebab, hormon yang memengaruhi keduanya tidak sama.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"ASI dipengaruhi hormon prolaktin dan hormon itu tidak terganggu meski ibu memiliki diabetes," ujarnya dalam acara media RS Pondok Indah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Menurutnya, hal tersebut mampu mematahkan anggapan bahwa wanita pengidap diabetes, tidak akan memberi kualitas ASI yang baik pada buah hatinya. Akan sangat mungkin bagi wanita pengidap diabetes bisa tetap menyusui dengan baik.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Jangan sampai karena diabetes, dia merasa enggak bisa menyusui. Sangat bisa dan tidak memengaruhi ASI untuk anaknya," jelasnya.

Dia juga menekankan agar pemberian ASI Eksklusif tetap dijalankan para ibu menyusui yang menyandang diabetes. Asupan nutrisi yang tepat yang dikonsumsi ibu, itu lah yang lebih berperan penting terhadap kualitas ASI untuk buah hati Anda.

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024