Cara Mencegah Penyalahgunaan Foto Anak di Media Sosial

Instagram.
Sumber :
  • protectimus.com

VIVA – Beberapa tahun belakangan ini penggunaan media sosial seperti Instagram telah menjadi bagian gaya hidup. Setiap harinya pasti ada saja kegiatan keseharian yang diunggah. Bukan hanya orang dewasa, kini beberapa bayi pun memiliki akun Instagram.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Beberapa di antaranya adalah kalangan selebritas hingga influencer yang memiliki anak kecil. Umumnya akun Instagram mereka pun akan berisi aktivitas keseharian sang anak. Namun, tidak dipungkiri unggahan kelucuan sang anak sering disalahgunakan oleh beberapa orang tidak bertanggung jawab.

Lalu, jika terjadi hal tersebut apa yang harus dilakukan orangtua? Psikolog, Ayoe Soetomo pun menjelaskan yang perlu digarisbawahi adalah orangtua harus paham akan konsekuensi yang harus diterima ketika memposting foto anak di media sosial.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

"Orangtua harus tahu segala risikonya jika ada orang yang mengambil gambar (anaknya) untuk dijadikan jualan atau apapun itu. Sadari dulu bahwa itu risiko yang harus dihadapi orangtua mem-publish foto anak di sosmed," kata dia saat ditemui VIVA belum lama ini.

Jika foto anak telah disalahgunakan oleh para pengikut mereka di Instagram, orangtua berhak untuk menegur orang tersebut. "Terjadi dan pemanfaatannya tidak benar, bisa melakukan peneguran kepada pihak yang bersangkutan karena ada hak yang dilanggar," tutur dia.

Menjelang Pemilu, Muslim di India Khawatir Kebencian Terhadap Islam Meningkat

Selain itu, orangtua pun kemudian bisa lebih berhati-hati dalam proses pengunggahan foto anak di media sosial. Dia menjelaskan bahwa ketika mengunggah foto anak di media sosial, untuk jangan berfokus pada wajah anak, bagian atau area pribadi anak. Tetapi berfokus pada kegiatan yang dilakukan oleh anak.

"Misalnya bisa susun blok, fokuslah pada bentuk blok yang dia bisa susun. Bisa apresiasi anak tanpa perlu ekspose wajah anak karena tidak bisa dipungkiri bahwa orang baik tidak banyak di sekeliling kita," ungkap Ayoe.

Wanita merokok di Pesawat

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

elum lama ini viral seorang penumpang wanita menyebabkan kehebohan setelah ditemukan merokok di dalam pesawat. Petugas bandara berhasil mengamankan penumpang yang hal itu

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024