Bolehkah Ibu Makan Seafood saat Menyusui?

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik yang diberikan Mums pada si kecil. Pasalnya, ASI memiliki antibodi yang tidak terkandung dalam susu formula. Nutrisi yang diserap oleh ASI berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh Mums. Namun, ada beberapa pernyataan bahwa seorang ibu yang dalam masa menyusui, tidak boleh mengonsumsi makanan laut. Kenapa begitu?

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Sebenarnya makanan laut merupakan sumber alami lemak omega 3 dan protein. Namun, biasanya makanan laut mengandung merkuri dan bisa terserap dalam ASI dan berbahaya untuk si kecil. Selain kandungan merkuri dalam makanan laut, ada beberapa mitos yang mengatakan seafood akan membuat ASI Mums berbau amis. Tentu saja ini tidak benar, Mums!

Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk meningkatkan kualitas ASI, dengan cara makan bervariasi. Meski begitu, memang ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama masa menyusui. Apa saja ya kira-kira, apakah seafood salah satu di antaranya?

Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang

Dikutip dari beberapa sumber, ibu menyusui yang mengonsumsi makanan laut berisiko mengalami masalah kesehatan. Studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa paparan merkuri bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak si kecil. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah keterlambatan perkembangan bicara dan berjalan si Kecil.

Tetapi tidak semua jenis seafood meningkatkan risiko tersebut. Hanya ada beberapa jenis makanan laut yang diduga memiliki kandungan merkuri dan logam yang tinggi di dalam lemaknya. (ase)

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

BACA SELENGKAPNYA

Kiki Amalia dan suami, Agung Nugraha.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Kiki Amalia bersama suami, Agung Nugraha saat ini sedang menikmati momen menjadi orangtua. Diketahui, kurang lebih satu bulan yang lalu keduanya dikaruniai anak pertama.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024