Tips Mandikan Bayi Agar Kulit Tak Iritasi

Ilustrasi bayi mandi.
Sumber :
  • Pixabay/Pavelkraus

VIVA – Menyentuh kulit bayi rasanya akan terasa lembut dan halus. Tapi siapa sangka, kulit bayi sangat sensitif hingga butuh perawatan ekstra.

Sisi Lain Kemacetan, Berbahaya Bagi Kelahiran Bayi

Agar kulit bayi tetap sehat dan terhindar dari iritasi, orang tua harus merawatnya. Untuk merawat kulit bayi pun sebenarnya tidak sulit.

Menurut Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), PERDOSKI, Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, FINSDV, FAADV menyebut bahwa cara yang dilakukan untuk merawat kulit bayi adalah membersihkan dan melembabkan kulit. Untuk membersihkan kata dia, dilakukan dengan cara memandikan bayi dengan baik dan benar.

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Untuk mandi bayi yang tepat adalah dengan merendamnya dalam air hangat.

"Kuncinya, rendam seluruh badan (bayi). Ketika berendam bisa membantu meregulasi tubuh. Karena ketika buka baju suhu tubuh akan turun. Pastikan hangat jangan sampai anak menggigil, kalau menggigil tandanya suhu tubuh tidak stabil," kata dr Srie dalam acara Solusi Perawatan Lengkap Kulit Sensitif bagi Buah Hati di JW. Marriot Kuningan Jakarta, Senin 5 November 2018.

Botol Minum Sean Bersih Lagi dengan Sweety Baby Liquid Cleanser

Lebih lanjut, dia menyebutkan untuk prosesi mandi tidak boleh terlalu lama. Kata dia memandikan bayi cukup 10-15 menit.

Untuk pemilihan sabun atau sampo yang digunakan pun harus memperhatikan kandungan bahan di dalamnya. Jika bayi Anda termasuk bayi yang sensitif pilihlah yang hypo alergenic, kemudian harus mild serta memiliki PH yang seimbang yakni antara 4,5 hingga 5.

"PH ballance itu bagus, kalau lebih asam bisa angkat kulit lipit," jelas dia.

Selain itu pilih juga sabun atau sampo yang tidak memiliki busa yang terlalu banyak.

"Justru kalau terlalu banyak busa bisa mengangkat lipit dan rasanya keset abis mandi. Kalau sedikit busanya memang kulit akan jadi licin tapi itu tandanya ada pelembapnya," jelas dia.

Kemudian untuk pelembab juga penting diberikan kepada bayi seusai mandi. Sebab, pelembap dapat memperbaiki tekstur kulit dan menjaga hidrasi kulit. Untuk memilih pelembab disarankan yang memiliki kandungan ceramide untuk memperbaiki fungsi barier kulit.

"Untuk menggunakan pelembap segera setelah mandi atau paling lama 3-5 menit," jelas dr Srie lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya