Manfaat Mengejutkan Ajari Anak Meditasi Sejak Dini

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/cherylholt

VIVA – Stres tak hanya dialami orangtua, anak-anak juga bisa. Tuntutan orangtua untuk mendapat nilai akademik yang bagus menjadi tekanan sendiri pada anak-anak.

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?

Untuk itu, mereka perlu dibekali agar bisa mengelola stres dan bisa menjadi generasi yang mumpuni tanpa menjadi pribadi yang emosional. Dan meditasi menjadi salah satu cara yang umum dikenal masyarakat untuk mengatasi hal tersebut.

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran. Metodenya juga dilakukan bertahap dengan manfaat yang berbeda-beda. Namun apakah metode seperti ini bisa efektif pada anak-anak? Tentu saja bisa. Asalkan meditasi pada anak-anak dilakukan dengan teknik yang berbeda.

Terangsang, Farihul Amin Tega Cabuli 2 Anak Tirinya Secara Bergilir

"Kan susah berdiam diri, (meditasi) mereka lebih menggambar, story telling, dari situ tahu emosi mereka. Anak itu belum punya bahasa (cara mengungkapkan) emosi mereka," kata Marketing Director The Golden Space Indonesia, Bagia Arif Saputra di Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Curhat Punya Menantu Perempuan Tidak Sesuai Kriteria, Begini Balasan Menohok Mamah Dedeh

Menurutnya, cara orangtua mengidentifikasi emosi anak melalui gambar dan warna yang dipilih anak. Nah, jika dilakukan sejak kecil, meditasi bisa membantu anak untuk bisa mengenali emosi dan mengaturnya dengan baik. Manfaat tersebut akan bisa dirasakan anak ketika mereka sudah beranjak dewasa.

"Biar anak bisa sehat fisik, emosi, bagus buat dia. Kalau belajar (meditasi) dari kecil, lebih awal punya pengetahuan meregulasi emosi dia. Jadi IQ di sekolah jalan, EQ juga jalan," kata Bagia. (ase)

Natasha Rizki.

Selain Izin ke Anak, Natasha Rizky Tektokan Dulu Sama Desta Soal Ini Kalau Mau ke Luar Negeri

Natasha Rizky menjadi salah satu artis yang kerap pergi ke luar negeri. Pada saat ditemui, Natasha bercerita bahwa tidak sepenuhnya kepergian ke luar negeri untuk liburan

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024