Manfaat Mengejutkan Ajari Anak Meditasi Sejak Dini

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/cherylholt

VIVA – Stres tak hanya dialami orangtua, anak-anak juga bisa. Tuntutan orangtua untuk mendapat nilai akademik yang bagus menjadi tekanan sendiri pada anak-anak.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Untuk itu, mereka perlu dibekali agar bisa mengelola stres dan bisa menjadi generasi yang mumpuni tanpa menjadi pribadi yang emosional. Dan meditasi menjadi salah satu cara yang umum dikenal masyarakat untuk mengatasi hal tersebut.

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran. Metodenya juga dilakukan bertahap dengan manfaat yang berbeda-beda. Namun apakah metode seperti ini bisa efektif pada anak-anak? Tentu saja bisa. Asalkan meditasi pada anak-anak dilakukan dengan teknik yang berbeda.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

"Kan susah berdiam diri, (meditasi) mereka lebih menggambar, story telling, dari situ tahu emosi mereka. Anak itu belum punya bahasa (cara mengungkapkan) emosi mereka," kata Marketing Director The Golden Space Indonesia, Bagia Arif Saputra di Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Polda Jatim: Kapolda Instruksikan Tindak Tegas Polisi di Surabaya yang Diduga Cabuli Anak Tiri

Menurutnya, cara orangtua mengidentifikasi emosi anak melalui gambar dan warna yang dipilih anak. Nah, jika dilakukan sejak kecil, meditasi bisa membantu anak untuk bisa mengenali emosi dan mengaturnya dengan baik. Manfaat tersebut akan bisa dirasakan anak ketika mereka sudah beranjak dewasa.

"Biar anak bisa sehat fisik, emosi, bagus buat dia. Kalau belajar (meditasi) dari kecil, lebih awal punya pengetahuan meregulasi emosi dia. Jadi IQ di sekolah jalan, EQ juga jalan," kata Bagia. (ase)

Ilustrasi anak tantrum

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Tantrum akan dialami setiap anak dari masih bayi hingga balita. Tantrum adalah suatu perkembangan pada anak yang bersifat normal sesuai dengan usia anak.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024