Tren Playdate Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya

Sejumlah anak bermain di outdoor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Kesibukan orangtua seringkali membuat mereka tidak punya waktu bermain dengan anak. Tidak hanya itu, banyak pula orangtua, terlebih di perkotaan, yang bingung untuk mengajak main si buah hati. Padahal, bermain bisa berdampak pada perkembangan anak dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Ini lah mengapa, playdate atau bermain bersama teman penting bagi anak.

"Konsep bermain bersama atau playdate ini penting mengasah interaksi anak dengan lingkungan dan teman sekitarnya. Bagaimana anak bersosialisasi, beradaptasi menjadi hal yang penting dalam membangun keberanian anak serta mengenal karakter sesama teman yang berbeda," ujar salah satu penulis #BukuMamaBisa: Bikin Playdate Sendiri melalui tagline ‘Main Bareng Bikin Seneng’, Danesya Mayra Juzar, dalam peluncuran buku tersebut di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 13 November 2018.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

Bersama dengan kedua teman lainnya, yakni Dyah Ayu Amallia dan Irna Nurul Fatimah, Danesya menciptakan sebuah karya tulis inspiratif yang bisa menginspirasi orangtua untuk mengajak bermain anak di rumah.

Anak bermain

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

Buku tersebut menceritakan berbagai alasan pentingnya anak bermain bersama teman, orangtua, tipe-tipe permainan, aturan dan tata cara playdate, tipe-tipe playdate serta tujuannya (mommydate, edudate, housedate).

"Ada juga pembahasan tentang bagaimana membuat DIY (Do-It-Yourself) toys hingga bocoran resep makanan kreatif yang menarik bagi anak ada saat playdate dan tentang tips dekorasi playdate dan pesta anak," kata dia.

Lebih jauh, Danesya mengatakan, dengan mengajak anak bermain bersama akan membuat anak lebih siap masuk ke dalam situasi apa pun, terutama dalam menghadapi konflik.

"Selain membawa dampak positif bagi anak, playdate sendiri juga bermanfaat bagi para ibu. Melalui playdate, para ibu dapat saling berbagi cerita pengalaman inspiratif seputar parenting," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya