Main Gadget Sejak Kecil Buat Anak Susah Pegang Pensil?

Ilustrasi bermain game.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bermain merupakan hal penting untuk perkembangan otak yang sehat. Namun seiring perkembangannya teknologi, anak-anak lebih sering bermain menggunakan gadget dibandingkan dengan permainan konvensional.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Padahal menurut, Psikolog dan Pendiri Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, anak seharusnya diberikan mainan konvensional sejak kecil. Hal ini lantaran untuk memudahkan anak dalam menggerakkan sensor motorik mereka.

"Seperti gini, bayi itu ngebuka halaman-halaman buku itu susah banget karena jari-jari harus digunakan. Mereka harus latihan menggunakan yang beneran sebelum lancar banget baru kita kasih gadget," kata dia saat ditemui di Menara BTPN, Rabu, 14 November 2018.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Jika sejak kecil lebih sudah diberikan gadget maka akan menyulitkan anak ketika hendak belajar memegang sesuatu. "Ketika pegang pensil akan kesulitan," kata dia.

Dia menambahkan bahwa keunggulan permainan konvensional dibandingkan gadget adalah memberikan pengalaman langsung kepada anak. Dengan demikian, anak bisa lebih banyak mengeksplorasi.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

"Kalau gadget kebanyakan di pengetahuan motorik enggak masuk," kata dia.

Ilustrasi garis polisi.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Teluknaga.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024