Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mudah Ajak Anak Memasak

Ilustrasi anak memasak.
Sumber :
  • Pixabay/1103997

VIVA – Mengajak anak memasak di rumah memiliki sejumlah manfaat bagi tumbuh kembangnya. Selain mempererat ikatan antara orangtua dan juga anak, mengajak anak memasak di rumah, juga bisa membiasakan mereka untuk mengurangi jajan dan memilih makanan yang lebih sehat.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Namun, mengajak anak untuk masuk ke dapur bagi sejumlah orangtua juga bukan hal yang mudah. Meski demikian, hal itu bukan tidak bisa disiasati. Ditemui saat peluncuran buku My Little Homecook yang ditulis oleh Putri Habibie, Psikolog Anak Dina Ramayanti, mengatakan bahwa pada usia anak, terlebih saat berusia sekitar lima tahun, mereka memiliki keingintahuan yang tinggi.

Ia mengatakan, orangtua juga mesti kreatif agar anak juga mau ikut memasak di dapur.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

"Di usia segitu, mereka itu kreatif banget, mereka sedang senang dengan warna. Artinya semua harus diajak sambil bermain. Jangan diajak memasak benaran, tapi ajari cara yang mudah sambil bermain," kata Dina saat ditemui baru-baru.

Menurutnya, buku My Little Homecook ini juga bisa menjadi cara agar anak dan juga orangtua bisa kreatif dalam belajar memasak. Hal ini karena di dalam buku tersebut tidak hanya berisi sekitar 50 resep, namun juga berisi kegiatan interaktif yang bisa dilakukan anak sambil memasak.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

"Waktu lagi mau masak, juga dijelaskan, misalnya wortel itu warnanya apa, dijelaskan bentuknya seperti apa. Kemudian juga sambil diajari memotong dengan pisau plastik untuk melatih motorik anak," kata dia.

Dengan begitu, kegiatan memasak di rumah akan jadi lebih menyenangkan. Di samping juga menumbuhkan kreativitas pada anak.

(je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya