Asupan Gizi Penting agar Anak Tumbuh Bahagia

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA – Selama ini, mungkin banyak orangtua yang menganggap bahwa kebahagiaan anak hanya dapat diberikan melalui dukungan secara psikologis. Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC membenarkan bahwa keterlibatan anak dalam tumbuh kembang dapat membuat bahagia.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

Kendati demikian, dalam studi berjudul Child Happiness yang dilakukan oleh Lactogrow beberapa waktu lalu, dukungan psikologis juga perlu diimbangi dengan kebutuhan gizi yang cukup. Studi itu mengungkapkan bahwa anak Indonesia berpotensi kekurangan asupan nutrisi yang seimbang, yang dapat memengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan mereka.

“Sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui dan mengerti nutrisi seimbang termasuk susu dengan kandungan gizi untuk melengkapi asupan nutrisi bagi buah hati mereka," kata Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam workshop Lactogrow di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018.

Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

Ariani mengatakan, anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat dan dapat menyerap nutrisi dengan baik. Dengan begitu anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik, sehingga dapat menunjang tumbuh kembangnya secara optimal.

"Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan mikrobiota usus, di antaranya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan serta menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur," tuturnya.

Pakar Gizi Klinik Sebut Anemia Defisiensi Besi Bisa Sebabkan Masalah Serius pada Anak

Jika semua itu sudah cukup terpenuhi, menurut Ariani, anak tak cuma tumbuh dengan baik, tapi juga tumbuh dengan bahagia. (ldp)

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Sarapan dengan gizi seimbang menjadi langkah awal yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024