Berbagai Dampak Buruk Malnutrisi pada Janin

ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kekurangan nutrisi selama masa kehamilan diketahui dapat menyebabkan janin mengalami diabetes dan penyakit jantung. Tak hanya itu, studi terbaru juga menemukan bahwa asupan nutrisi yang minim pada janin, dapat memicu menopause dini di usia 45 tahun.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Dikutip dari laman The Health Site, Jumat, 7 Desember 2018, menopause secara alami merupakan momen ovarium tak lagi aktif di akhir usia wanita. Kondisi malnutrisi yang dialami selama masa kehamilan, diketahui dapat membuat ovarium mengalami kegagalan bereproduksi secara dini.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa kekurangan asupan nutrisi selama masa kehamilan, berdampak pada penurunan fungsi ovarium janin di kemudian hari," ujar direktur eksekutif dari North American Menopause Society, Joann Pinkerton.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Studi terbaru yang dipublikasikan oleh jurnal Menopause ini melibatkan 2,900 wanita di China. Malnutrisi pada janin dikaitkan dengan menurunnya fungsi beberapa area otak yang berkaitan dengan kesehatan reproduksinya. Ini yang membuat menopause dini rentan terjadi.

Menopause dini sudah terbukti berkaitan dengan beberapa hal seperti peningkatan risiko penyakit jantung, osteoporosis, depresi, perubahan bentuk organ intim, hingga kesehatan seksualnya. Selain itu, minimnya asupan nutrisi pada janin dapat menyebabkan penyakit metabolik di masa depannya. (csr)

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!
Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024