Berbagai Dampak Buruk Malnutrisi pada Janin

ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kekurangan nutrisi selama masa kehamilan diketahui dapat menyebabkan janin mengalami diabetes dan penyakit jantung. Tak hanya itu, studi terbaru juga menemukan bahwa asupan nutrisi yang minim pada janin, dapat memicu menopause dini di usia 45 tahun.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Dikutip dari laman The Health Site, Jumat, 7 Desember 2018, menopause secara alami merupakan momen ovarium tak lagi aktif di akhir usia wanita. Kondisi malnutrisi yang dialami selama masa kehamilan, diketahui dapat membuat ovarium mengalami kegagalan bereproduksi secara dini.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa kekurangan asupan nutrisi selama masa kehamilan, berdampak pada penurunan fungsi ovarium janin di kemudian hari," ujar direktur eksekutif dari North American Menopause Society, Joann Pinkerton.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Studi terbaru yang dipublikasikan oleh jurnal Menopause ini melibatkan 2,900 wanita di China. Malnutrisi pada janin dikaitkan dengan menurunnya fungsi beberapa area otak yang berkaitan dengan kesehatan reproduksinya. Ini yang membuat menopause dini rentan terjadi.

Menopause dini sudah terbukti berkaitan dengan beberapa hal seperti peningkatan risiko penyakit jantung, osteoporosis, depresi, perubahan bentuk organ intim, hingga kesehatan seksualnya. Selain itu, minimnya asupan nutrisi pada janin dapat menyebabkan penyakit metabolik di masa depannya. (csr)

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat
dokter Boyke

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Pasien dokter Boyke, yang masih sekolah kelas 2 SMP diketahui hamil di luar nikah. Tetapi, kasus kehamilan tersebut dialami pasien remaja dokter Boyke yang masih perawan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024