5 Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Berkualitas

Resep dan obat dokter untuk menjaga si kecil selama bepergian harus selalu dibawa untuk mengatasi keadaan darurat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Program bayi tabung saat ini sudah banyak diminati karena kesuksesannya mencapai kehamilan yang diinginkan. Namun, pemilihan klinik bayi tabung berkaitan erat dengan tingkat keberhasilan yang didapat selama menjalankan program kehamilan.

Olivia Alan Ungkap Sempat Keguguran 3 Kali, Kini Istri Denny Sumargo Akhirnya Hamil

Biasanya proses seleksi dan persiapan program bayi tabung terdiri atas tanya jawab, pemeriksaan sistem reproduksi wanita, pemeriksaan dengan ultrasonografi, pemeriksaan hormonal, analisis sperma serta konseling seputar risiko dan keberhasilan terapi infertilitas.

Dalam memilih klinik bayi tabung, sebaiknya pastikan klinik tersebut memiliki kualitas, berpengalaman, serta mampu memberi rasa nyaman, baik dalam melakukan konsultasi hingga pengobatan.
 
Nah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih klinik bayi tabung yang ideal bagi para pasangan suami istri, dikutip dari rilis Medical Travel News dari GO.CARE yang diterima VIVA, Rabu, 2 Januari 2019.

Bisakah Pasien Endometriosis Hamil Tanpa Program Bayi Tabung? Begini Kata Dokter

1. Akreditasi

Salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan klinik fertilitas adalah akreditasi. Ya, apa pun tindakan pengobatan yang akan Anda lakukan, khususnya bila dilakukan di luar negeri, akreditasi klinik atau rumah sakit menjadi penting karena merupakan sebuah indikator pelayanan kesehatan berkualitas.

Pertama Dalam Sejarah! Badak Putih Utara Berhasil Hamil dengan Bayi Tabung

Akreditasi tersebut bisa berupa standar nasional dan internasional, seperti Joint Commission International (JCI), Canadian Organization for the Accreditation of Medical Institutions (CCHSA), Australian Council for Health System Standards (ACHS), Trent Accreditation Scheme (TAS) serta International Society for Quality in Health Care (ESQH)

2. Tingkat keberhasilan

Program bayi tabung tidak selalu berhasil pada setiap pasien. Perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan program kehamilan, baik melalui program bayi tabung atau tidak, semua dipengaruhi oleh kualitas sperma dan sel telur pasangan. Tim dokter dan staf medis di klinik fertilitas hanya sebagai faktor pendukung keberhasilan berlangsungnya program kehamilan tersebut.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program kehamilan yang terdapat pada klinik, Anda bisa mencari tahunya melalui situs resmi klinik tersebut atau menanyakannya langsung kepada dokter atau staf medis klinik fertilitas.  

Ilustrasi bayi

3. Dokter spesialis

Dalam memilih klinik fertilitas, tak bisa dimungkiri bahwa pasien perlu memilih dokter yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak ‘jam terbang’. Dokter akan membantu memantau perkembangan program kehamilan yang sedang Anda lakukan. Selain itu, faktor cocok dan rasa nyaman saat berkonsultasi dengan dokter dalam jangka waktu yang lama juga menjadi pertimbangan dalam memilih klinik fertilitas.

"Ingat, setiap pasien itu berbeda. Apa yang Anda baca melalui internet, grup chat dan blog tentang bagaimana seseorang sukses menjalani program bayi tabung mungkin akan berbeda dengan Anda. Silakan ajukan banyak pertanyaan,” ujar Dr Hannah Brown, Robinson Research Institute Postdoctoral Fellow di The University of Adelaide, seperti dilansir dari Huffington Post.

4. Fasilitas

Demi mendukung keberhasilan program kehamilan, tentu keberadaan berbagai fasilitas medis yang dimiliki oleh klinik fertilitas merupakan hal utama. Misalnya, mengetahui jenis pengobatan apa saja yang ditawarkan serta alat atau teknologi apa saja yang dimiliki oleh klinik fertilitas tersebut.

5. Faktor lain

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan memilih klinik fertilitas yang tepat, yaitu lokasi keberadaan klinik fertilitas. Jika Anda memilih klinik di luar negeri, sebaiknya pilih negara tujuan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari negara asal.

Apalagi program bayi tabung biasanya membutuhkan kunjungan beberapa kali. Kemudian cari review dari pasien sebelumnya agar dapat mengetahui komentar, ulasan, keluhan, evaluasi atau apa pun terkait klinik fertilitas tersebut.

Selain itu, Anda juga wajib mencari informasi terkait biaya pengobatan dan aksesibilitas. Perlu diingat bahwa Anda mungkin akan lebih sering menemui dokter, mulai dari sebelum, saat dan setelah program bayi tabung. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ketersediaan dokter spesialis dan layanan medis di klinik tersebut, termasuk saat hari libur.

Faktor lain yang wajib Anda pertimbangkan adalah kecocokan dan kebutuhan Anda sebagai pasien. Hal ini karena Anda akan banyak melakukan kunjungan ke klinik tersebut untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan sebelum, saat, dan sesudah program bayi tabung. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya