Hampir 90 Persen Orangtua Abaikan Hak Asuk Anak saat Bercerai

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hak anak untuk mendapatkan pengasuhan seringkali menjadi hal yang diabaikan oleh para orangtua dalam kasus perceraian. Bahkan, menurut Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati, hampir 90 persen orangtua tidak pernah menyertakan isu anak pada saat perceraian. 

Teuku Ryan Inginkan Hak Asuh Anak dan Biaya Nafkah Anak dari Ria Ricis

"Sehingga isu pengasuhan anak tidak kelihatan. Anak akan tersiksa ketika orangtua berkonflik, tapi tidak mempertimbangkan anak dan dampaknya pada tumbuh kembang dan problem yang lain," ucap Rita di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019. 

Rita juga mengungkapkan bahwa sepanjang 2018, kasus pelanggaran terhadap hak pengasuhan anak sendiri meningkat 20 persen. Ini meningkat dari 714 kasus pada tahun 2017, menjadi 857 kasus pada tahun 2018. 

Teuku Ryan Ngamuk Disebut Tuntut Hak Asuh Anak dan Minta Nafkah dari Ria Ricis

"Problem utama itu karena tingkat perceraian tinggi, sehingga anak menjadi dampak dari konflik sehingga lahir persoalan dari hak asuh, hak bertemu, perebutan hak anak," kata dia. 

Menurutnya, ini merupakan masalah yang paling mendasar. Itu karena aturan mengenai pengasuhan anak ia nilai masih belum tegas, dan sulitnya mengimplementasikannya di masyarakat. 

Perjuangan Tsania Marwa Bertemu Buah Hati, Akses Hak Asuh Anak Ditutup Mantan Suami

"Makanya, penguatan pengasuhan ramah anak juga terus didorong agar keluarga benar-benar menjadi ruang tumbuh kembang yang terbaik untuk anak, dan bukan sebaliknya.  Dalam keadaan apa pun anak dan situasi orangtuanya, negara wajib memastikan pengasuhan terbaik bagi anak," ujar Rita.

Teuku Ryan

Disebut Minta Nafkah Anak pada Ria Ricis, Pihak Teuku Ryan Klarifikasi

Media sosial akhir-akhir tengah dihebohkan oleh berita terkait Teuku Ryan yang disebut meminta hak asuh anak serta biaya nafkah anak pada Ria Ricis. Pengacara klarifikasi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024