Tips Rencanakan Liburan Anti Drama dengan Anak-anak

Ilustrasi traveling
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Traveling atau liburan tak hanya sekadar kegiatan rekreasi yang menyegarkan kembali pikiran. Tapi, juga bermanfaat pada banyak hal dalam kehidupan, terutama pada anak-anak yang rutin diajak bepergian oleh orangtuanya.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan bagaimana traveling bisa memberikan manfaat positif bagi tumbuh kembang anak. Meski begitu, merencanakan liburan bersama anak-anak tentu bukan hal yang mudah dan praktis.

Psikolog Nadya Pramesrani mengatakan, ketika traveling bersama anak-anak pasti ada saja drama yang terjadi. Sebabnya, semua anggota keluarga harus keluar dari zona nyamannya ketika bepergian.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Tapi, drama ini tak seharusnya menjadi penghalang Anda melakukan perjalanan bersama anak-anak. Untuk memimalisirnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Nadya menyarankan agar melibatkan anak-anak saat merencanakan liburan, terutama anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), di mana mereka sudah mahir berselancar di dunia maya. Mereka bisa mencari sendiri destinasi liburan apa yang mereka inginkan.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

"Libatkan seluruh anggota keluarga dalam menyusun jadwal. Misalnya, hari pertama kakak yang susun mau ke mana saja, hari kedua adik. Jadi anak tidak lagi hanya sebagai peserta tapi pelaksana yang menyusun jadwal, bahkan hingga ke tempat pilihan menginap," kata Nadya saat ditemui VIVA di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Liburan keluarga

Hal lain yang tak boleh diabaikan saat bepergian bersama anak-anak adalah menghapalkan pola makan dan kebutuhan istirahat. Seringkali karena terlalu senang, kita lupa dengan istirahat. Jadi, buatlah jadwal perjalanan dengan menyelipkan waktu istirahat dan makan yang teratur.

Tak kalah penting juga untuk melengkapi perjalanan Anda dengan informasi-informasi penting. Selain itu, selipkan rencana cadangan untuk setiap tujuan pilihan Anda. Hal ini bisa mengantisipasi bila hal yang tak terduga terjadi.

Terakhir, buatlah liburan Anda fleksibel dan mudah dikompromikan. Jangan terlalu terpaku pada jadwal yang dibuat, sehingga tetap membuat liburan menyenangkan bagi anak-anak. (rna)
   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya