Membahagiakan Anak Tak Sesimpel Membelikan Mainan

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/cherylholt

VIVA – Menciptakan kebahagiaan anak sangatlah penting, sama pentingnya dengan menstimulasi tumbuh kembang anak yang optimal. Namun, seringkali banyak orangtua yang salah kaprah dalam hal memberikan kebahagiaan bagi anak.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Psikolog anak dan pendidikan Elizabeth Santosa mengatakan, orangtua banyak yang memberikan kebahagiaan yang sebenarnya tidak terlalu bermakna untuk anak. Memang, anak-anak terlihat lebih menyukai mainan dibandingkan bermain bersama orangtua.

"Anak saat itu memang memilih mainan karena anak belum punya kontrol diri. Kalau orangtua tidak hati-hati dalam hal ini, anak bisa mengasosiasikan kebahagiaan dia dengan materi," ujar psikolog yang akrab disapa Lizzie dalam acara EF Small Stars di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Dia menekankan, anak sebenarnya tidak membutuhkan sesuatu yang mewah. Tapi, yang mereka butuhkan adalah membangun memori bahagia.

Anak yang bahagia akan bangun pagi, belajar dengan semangat, dan membawa energi positif. Berbeda dengan anak tidak bahagia, setiap ke sekolah ia akan menangis dan pada akhirnya tidak bisa belajar dengan baik.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Kenapa anak perlu bahagia? Lizzie mengatakan, anak-anak yang bahagia akan memiliki kesadaran diri, manajemen dan keterampilan sosial yang baik. Anak yang bahagia juga memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Semua itu penting karena terkait dengan hasil yang akan mereka peroleh di masa depan, di antaranya keberhasilan pendidikan. Misalnya, menyelesaikan gelar sarjana dan peningkatan atau kesuksesan karier. (tsy)

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024