Ibu, Ketahui 4 Syarat Utama MPASI

Ilustrasi makanan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA – Masa peralihan dari Air Susu Ibu (ASI) eksklusif ke makanan pendamping ASI (MPASI) bisa menjadi masa paling menantang bagi ibu. Ini terutama bagi ibu baru yang belum berpengalaman menyiapkan makanan lebih padat untuk anak.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Sebagai panduan, ahli gizi dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK mengatakan, ada empat syarat utama dalam memberikan MPASI.

Pertama, mulai tepat waktu. Tidak boleh lebih cepat atau lambat. Menurut World Health Organization (WhO), usia enam bulan dinilai tepat untuk MPASI karena di usia ini usus bayi lebih siap menerima sesuatu yang lebih padat. Selain itu, ASI juga sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan gizi anak usia enam bulan sehingga butuh tambahan.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Usia enam bulan ada kesiapan bayi yang disebut oromotor atau duduk dengan tegak tanpa ditopang lagi," kata Diana saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, belum lama ini.

Kedua, MPASI harus bergizi, yakni terdapat karbohidrat, lemak dan protein. Tidak hanya sayur dan buah saja. Bayi butuh energi yang didapat dari karbohidrat dan semua harus lengkap karena bayi membutuhkan gizi seimbang.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Ketiga, harus tepat cara pemberiannya, seperti teksturnya yang disesuaikan. Pada awal MPASI, bayi biasanya diberi bubur susu. Seiring bertambahnya usia, teksturnya semakin kasar hingga anak bisa mengonsumsi makanan yang sama seperti orang dewasa.

Selain itu, orangtua juga harus tahu sinyal lapar dan kenyang bayi. Kalau bayi sudah menutup mulut, tandanya dia sudah kenyang. Jangan salah mengira sebagai gerakan tutup mulut (GTM). Tapi, jangan juga membiarkan anak sampai kelaparan sekali saat diberi MPASI, anak bisa terlanjur cranky akhirnya menolak makan.

Tanda bayi lapar yang bisa dikenali adalah dia akan mulai mangap dan terlihat girang. Mulutnya juga sudah mulai berdecap-decap dan sudah merogoh-rogoh mulut.

Keempat, kebersihan. Saat mempersiapkan MPASI, perhatikan kebersihan alat makan dan bahan makanan yang akan diolah. Jangan sampai terjadi kontaminasi silang karena ada bakteri yang tidak mati.

"Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang perlengkapan makan dan bahan makanan, cucilah dengan air mengalir," kata Diana. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya