Bersihkan Telinga Bayi, Bolehkah Pakai Cotton Bud?

Cotton bud atau korek kuping.
Sumber :
  • Pixabay/triyugowicaksono

VIVA – Selama ini banyak tenaga medis menyarankan agar tidak membersihkan telinga dengan cotton bud. Selain bisa membuat kotoran justru makin masuk ke dalam telinga dan menumpuk, membersihkan telinga dengan cotton bud dikhawatirkan juga bisa berisiko iritasi.

Sisi Lain Kemacetan, Berbahaya Bagi Kelahiran Bayi

Salah satu cara terbaik tentu dengan membersihkannya ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT). Terlebih ketika membersihkan telinga pada anak bayi atau anak di usia dini. Hal ini karena kulit bayi masih sangat tipis dan rentan terluka juga iritasi.

Tapi bukan berarti orangtua tidak bisa membersihkannya sendiri di rumah. Menurut dokter Spesialis THT Bedah Kepala dan Leher, Rumah Sakit Pondok Indah, dr Hably Warganegara, Sp. THT-Kl, membersihkan telinga si kecil bisa dilakukan di rumah namun tentu dengan syarat tertentu.

Cara Membersihkan Telinga, Ternyata Tanpa Cotton Bud!

"Untuk bayi, pada awal kelahiran biasanya kalau mau mengecek pakai senter. Memang paling gampang ke dokter untuk periksa tapi tentu ada biaya," ungkap Hably saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Februari 2019.

Ia juga menjelaskan, lubang telinga sendiri memiliki beberapa struktur yang berbeda. Sebab itu, untuk lubang telinga yang sedikit berkelok perlu sedikit teknik khusus dengan menarik gendang telinga agar lubang lebih terlihat dengan jelas.

Ombudsman Minta Pengusutan Antigen Bekas Tak Berhenti di Kualanamu

"Kalau ada kotoran pada bayi masih gampang pegangnya. Tapi kalau udah gede suka gerak tiba-tiba, jadi harus berdua. Satu pegangin, satu ngintip," kata dia.

Jika memang terlihat ada kotoran, ia memperbolehkan untuk membersihkannya dengan cotton bud.  Hanya saja dengan catatan, bahwa yang boleh dibersihkan hanya sepertiga telinga bagian luar.

"Jadi baiknya hanya di sepertiga bagian itu. Kalau sedikit kering bisa dengan baby oil. Tapi memang amannya langsung ke dokter THT," kata dia. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya