Perlukah Anak Menggunakan Body Lotion?

Ilustrasi anak perempuan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menjaga kelembapan kulit bukan hanya bagi orang dewasa tapi juga anak-anak. Meski kelembapan alami anak-anak masih normal, tapi dengan aktivitas yang banyak dan sering berada di luar ruangan membuat kulit mereka juga butuh perlindungan.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Tak hanya membersihkan tubuh dengan sabun, tidak ada salahnya juga memberikan losion untuk anak. Menurut Beauty and Skincare Enthusiast Affi Assegaf, karena kulit anak cenderung lebih sensitif, sebaiknya cari produk losion yang formulanya ringan.

"Pilih juga losion dengan fragrance yang tidak terlalu kuat, yang lembut saja," kata Affi usai acara peluncuran Vaseline Healthy White Fresh & Fair Lotion di Goodrich Suites, Jakarta, Selasa 26 Maret 2019.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Selain itu, untuk menghindari reaksi alergi pada kulit anak yang sensitif, sebelum mengaplikasikan sebaiknya lakukan dahulu uji coba. Caranya, dengan mengaplikasikan sedikit losion pada bagian belakang telinga atau bagian dalam lengan. Kemudian, biarkan selama 24 jam. Jika ada reaksi negatif seperti gatal-gatal atau bentol, sebaiknya jangan digunakan.

Untuk anak-anak, sebaiknya pilih losion yang hanya berfungsi untuk melembapkan, meski tidak semua anak membutuhkan pelembap tambahan karena kelembapan alaminya masih normal. Pengaplikasian losion bisa dilakukan setelah anak mandi. Jika anak memiliki masalah kulit yang lebih serius seperti kering dermatitis atopik atau eksim, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. (ldp)

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal
Ilustrasi membersihkan wajah

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Wajah kamu mengalami kekusaman dan hal tak menyenangkan, Yuk, cari tahu apa saja rekomendasi produk perawatan kulit yang bisa digunakan? Berikut daftarnya!

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024