Wajib Tahu, Ini Pentingnya Kenalkan Permainan Tradisional ke Anak

Permainan tradisional gobak sodor
Sumber :
  • VIVA/ Bimo Aria

VIVA – Perkembangan teknologi secara perlahan menggantikan permainan tradisional. Banyak anak masa kini  lebih sering bermain gadget daripada melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Bahkan, beberapa di antara mereka tidak mengenal nama permainan tradisional itu sendiri. Padahal permainan tradisional membawa manfaat bagi si kecil, seperti melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

Kondisi inilah yang menimbulkan kekhawatiran bagi orangtua. Oleh sebab itu, penting untuk memperkenalkan permainan tradisional ke anak.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

"Makanya kami ingin memperkenalkan Fit Olympic yang merupakan kompetisi seperti olimpiade untuk permainan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar," kata GM Human Capital & General Affair PT Madurasa Unggulan Nusantara, Muji Sarjono dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 April 2019.

Ia menjelaskan bahwa ada tiga cabang permainan tradisional yang dipertandingkan, yaitu Bola Gebok, Gobak Sodor, dan Balap Karung Estafet. Kompetisi itu diadakan di Taman Balekambang, Solo pada tanggal 30 Maret 2019.

Ajak Anak Main MB Junior, Cara Kemenag Kampanyekan Moderat Sejak Dini

"Kita ingin mengajak anak-anak dan orangtua untuk bermain bersama di luar ruangan, sekaligus melestarikan permainan-permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan," ujar Muji.

Muji menjelaskan, dengan kompetisi ini, ia ingin mengajak anak-anak tetap fit. Dengan begitu, anak akan lebih tangguh dan tidak mudah terserang penyakit, sehingga mereka bisa melakukan hal yang disukai.

"Dengan begitu ayah dan bunda tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak kita bermain di luar ruangan karena hal tersebut sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak," ujar Muji. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya