4 Tips Tingkatkan Peluang Hamil Setelah Haid

Test Pack
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Ketika berencana menjalani program hamil, biasanya ditandai dengan hitungan masa subur. Misalnya dimulai dengan waktu pembuahan yang sempurna dalam melakukan hubungan intim adalah pada masa subur wanita. 

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Tiap pasangan umumnya akan gencar berhubungan ketika wanita berovulasi (masa subur) guna memperoleh kehamilan. Selain itu, banyak juga yang menghindari seks tepat pada waktu sebelum dan setelah haid, karena masa-masa tersebut banyak orang menganggap bukan masa subur wanita.

Dilansir laman health21, ada trik-trik yang harus Anda lakukan, berikut cara supaya cepat hamil setelah haid:

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

1. Mengetahui masa subur

Masa subur ada 2 macam yaitu masa subur untuk wanita dengan siklus haid teratur dan masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Untuk mengetahui masa subur yang siklus haidnya teratur Anda bisa membacanya dengan hitungan misalnya haid 28 hari maka masa suburnya adalah 14 hari sebelum hari pertama haid.

Contoh, hari pertama haid tanggal 2 maret maka hari pertama haid anda adalah 2+28=30 maret sehingga masa subur terjadi tgl 30-14=16 maret.

Untuk siklus haid tidak teratur yaitu dihitung 16 hari dari haid pertama.

Waktu pembuahan yang sempurna dalam melakukan hubungan intim adalah pada masa subur wanita.

2. Memiliki berat badan ideal

Ketika hendak menjalani program hamil, biasanya dokter akan menyarankan untuk diet bagi yang memiliki berat badan berlebih. Hal itu untuk memperlancar proses persalinan kelak. Selain itu, berat badan berlebih juga terkait dengan masalah hormon yang menyebabkan sulit hamil.

3. Menghindari olahraga berlebihan

Olahraga baik untuk kesehatan. Namun jika berlebihan juga akan bisa berdampak pada kesuburan dan kualitas hormon And. Selain itu, olahraga berlebihan juga bisa memicu kelelahan.

4. Menghindari stres

Stres berdampak buruk pada kondisi psikologis seseorang sehingga memengaruhi keseimbangan hormon tubuh. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya