Ingin Belikan Buku Anak, Pertimbangkan Hal Ini

Ciri anak jenius salah satunya gemar membaca buku sejak usia dini
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Manfaat membaca bagi kecerdasan anak tentu sudah tidak perlu diragukan. Dengan membaca, anak akan mendapat banyak wawasan dan lebih mudah menerima perbedaan. 

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Namun, hal itu tentunya tidak akan efektif jika tidak tepat dalam memilih buku bacaan. Ini sebabnya penting bagi orangtua untuk memilih buku atau bahan bacaan yang sesuai dengan usia si kecil. Lalu, hal apa saja yang harus dipertimbangkan?

"Untuk memilih cek usia anaknya, usia sekolah atau usai balita atau bayi. Ada kriteria tersendiri untuk memilihnya," ungkap Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, dalam peluncuran Happy Meal Readers McDonald's di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 11 April 2019 

Malaysia Larang Buku yang Dinilai Menghina ART Indonesia, Penulis Minta Maaf

Untuk bayi misalnya, ia menyarankan untuk memilih buku dengan bahan yang tidak gampang sobek atau rusak. Orangtua bisa memilih bahan dari kain, busa atau juga karton. Tak hanya bahan, ilustrasi dari buku itu juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

"Untuk anak yang semakin kecil semakin banyak ilustrasinya,  tapi kalau sudah besar mungkin tetap perlu ada tapi tak sebanyak yang masih kecil,"ungkap Anna. 

Saat Reza Rahadian Cerita Soal Kebiasaan Masa Kecilnya

Ia melanjutkan semakin kecil usianya, sebaiknya pilih buku dengan jumlah kata yang semakin sedikit. Selain itu juga pilihlah buku dengan topik yang lebih sederhana. 

"Buat anak yang masih kecil harus yang sederhana sekali, kadang hanya satu topik saja.  Tapi kalau untuk yang lebih besar sudah ada ceritanya dia menceritakan petualangan," kata dia. 

Dengan demikian anak akan lebih mudah menangkap ide dari buku itu. Sehingga proses membaca bagi anak menjadi lebih efektif.(ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya